MENGEMBANGKAN KEGIATAN LITERASI AWAL BAGI ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA

Muzakki Muzakki, Aghnaita Aghnaita, Dwi Puspita

Abstract


Literasi adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa dan gambar dalam bentuk yang kaya dan beragam untuk membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, melihat, menyajikan, dan berfikir kritis tentang ide-ide. Literasi awal anak mengacu pada pengetahuan, kemampuan, dan sikap tentang membaca dan menulis sebelum mereka memasuki sekolah formal.  Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan literasi awal anak di keluarga pada Kecamatan Pahandut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menjelaskan data atau objek secara natural, objektif, dan faktual untuk meneliti dan menemukan informasi berupa kata-kata tertulis yang dideskripsikan ataupun secara lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan keluarga adalah tanggung jawab, kontribusi dan partisipasi dalam perkembangan literasi awal anak. Aktivitas atau kebiasaan literasi orang tua dan anggota rumah lainnya di sekeliling anak akan menanamkan kesadaran pada diri anak akan budaya literasi. Kebiasaan keluarga merupakan bentuk keterlibatan secara tidak langsung yang dapat mempengaruhi minat anak dalam kegiatan literasi. Keluarga yang memiliki kebiasaan literasi memiliki peluang yang lebih besar dalam menanamkan minat literasi pada anak. Sedangkan keluarga yang tidak memiliki kebiasaan literasi memiliki peluang untuk mengajarkan keterampilan literasi pada anak.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 Dalam Konteks Keindonesiaan. Jakarta: Refinka Aditama.

Agoestyowati, R. 2017. Branding Serial KKPK: Tinjauan Pada Minat Literasi Anak-Anak. Bijak Majalah Ilmiah Institut STIAMI, 14(01), 60–69.

Bunanta. M. 2008. Buku mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: KPBA.

Ferianti, N., & Irna. 2020. Pengembangan Strategi Literasi Keluarga Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini (Penelitian Pengembangan pada siswa kelompok B PAUD BAI Rumah Cendekia Kabupaten Bogor). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.415

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. 2017. Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177–184. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929

Husnaini, N. 2018. Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24443

Inten, D. N. 2017. Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak Role of the FamilyToward Early Literacy of the Children. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32.

Itadz. 2008. Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Karima, R., & Kurniawati, F. 2020. Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. 2020. Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892–899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476

Marwiyati, S., & Hidayatulloh, M. A. 2018. Peran "Cakruk Baca Bergerak” Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 61–77. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3236

Murwani, Arita. 2007. Asuhan Keperawatan Keluarga Konsep dan Aplikasi Kasus. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Nurgiyantoro. B. 2015. Sastra Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradipta, G. A. 2014. Keterlibatan Orang Tua dalam Proses Mengembangkan Literasi Dini pada Anak Usia PAUD di Surabaya. Journal Universitas Airlangga, 3(1), 1–28.

Puspita, G. A., & Irwansyah. 2018. Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi iPusnas. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 13–20.

Sari, N. 2019. Aktivitas Bermain, Perkembangan Literasi Awal Dan Tempat Penitipan Anak (Daycare). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 559–566.

Suarmini, N. W. 2014. Keluarga Sebagai Wahanan Keluarga Sebagai Wahana Pertama Dan Utama Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 7(1), 118–135. https://doi.org/10.12962/j24433527.v7i1.599

Sumarwan, Eri. 2016. Literasi Anak Sebuah Panduan Memahami Baca Tulis Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Gambang Buku Budaya.

Uyu, M. 2018. Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 317–330. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1352

Widodo, M. M., & Ruhaena, L. 2018. Literasi di lingkungan Rumah pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059

Zati, V. D. A. 2018. Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/viewFile/11539/10110




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.