IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NON FORMAL

Ahmad Yani

Abstract


Merdeka belajar merupakan program pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menumbuhkan pola belajar merdeka berpikir, merdeka berinovasi sehingga mendorong peserta didik untuk mempunyai motivasi didalamnya untuk terus belajar dalam konsep Pendidikan non formal sederhana sesuai kebutuhannya. Implementasi program merdeka belajar diharapkan mampu menjawab kebutuhan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai minat, bakatnya untuk membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.  Metode yang digunakan adalah metode dengan pendekatan kualitatif dengan matriks data sekunder, dokumentasi kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Dalam lingkup Pendidikan non formal program merdeka belajar berfungsi mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik dari tingkat dasar seperti literasi dan numerasi sampai tingkat lanjut dengan melaksanakan program unggulan dengan satu tujuan yaitu memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya, sebebas-bebasnya untuk belajar sehingga dengan sendirinya motivasi dalam dirinya akan terbentuk melalui kegiatan merdeka berpikir, gembira, tanpa tekanan dalam belajar sehingga peserta didik mempunyai kemampuan, skill, pengetahuan sesuai dengan keinginan dan cita-citanya dalam bingkai Pendidikan non formal yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kata Kunci: Merdeka Belajar, Pendidikan Non Formal


Full Text:

PDF

References


Alifuddin, Moh. 2011. Kebijakan Pendidikan Nonformal. Jakarta: MAGNA Script Publishing

Azizy, A Qodri. 2000. Islam dan Permasalahan Sosial: Mencari Jalan Keluar. Yogyakarta:

LKiS

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya

Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Elihami. (2021). RADECE (Reading, Answer, Discuss, Create and Evaluation): E-Learning

Model “Merdeka Belajar” through Higher of Think of Al-Islam and Kemuhammadiyahan. EduPsyCouns Journal, 3(1), 209–218.

Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Hadiwijoyo, K. S. (2016). Pendidikan Ketamanpeserta didikaan. Jakarta: Majelis Cabang Tamanpeserta didik

Jakarta.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyowati, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan

Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP: Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p152

Houtman. (2020). Merdeka Belajar Dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 10 Januari 2020, 39–46.

Joesoef, Soelaimman. 2008. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kemdikbud. (2019). Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koesoema, D. A. (2020). Merdeka Belajar. KOMPAS, 25 Pebruari, 6.

Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi Pendidikan

Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 104–109. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.576

Lie, A. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kebahagiaan. KOMPAS 1 Pebruari, 6.

Makmun, Abin Syamsudin. 2007. Psikologi Kependidikan; Perangkat Sistem Pengajaran

Modul. Cetakan ke 10. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan Nonformal dimensi dalam keaksaraan fungsional, pelatihan

dan andragogi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

M. Saleh. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional

Hardiknas, 1, 51–56.

M. Tohir. (2019). Empat Pokok Kebijakan Merdeka Belajar.

N. Abdul Razzak. (2020). Paulo Freire’s Critical and Dialogic Pedagogy and its Implications for

The Bahraini Educational Context. Educational Philosophy and Theory. 52 (9), 999–1010.

Natalia, K., & Sukraini, N. (2021). Pendekatan Konsep “Merdeka Belajar” Dalam Pendidikan.

Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangkaraya, 1, 40–50.

Purwanto, M.Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, J. R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri

Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 23–36.

Rusdiana, H. A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sobour, Alex. 2003. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia

Sardiman, AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Tim Dosen FIP-IKIP Malang. 1981. Pengantar Dasar-dasar Kependidikan. urabaya: Usaha

Nasional,

Suryadi dan H. A. R. Tilaar. (1994). Analisis Kebijakan Pendidikan Sebuah Pengantar. Bandung:

Rosdakarya.

Sudjana. 1991. Pendidikan Luar Sekolah; wawasan sejarah perkembangan falsafah dan teori

pendukung asas. Bandung : Nusantara Press

Sismanto. 1984. Pendidikan Luar Sekolah Upaya Mencerdaskan Bangsa. Jakarta: CV Eraswast

S. B. Merriam. (1988). Case Study Research in Education: A Qualitative Approach. Jossey-Bass.

Sabda, Syaifuddin. 2006. Model Kurikulum Terpadu IPTEK dan IMTAQ (Desain

Pengembangan dan Implementasi). Jakartat: Ciputat Press Group

Tim Pustaka. 2005. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yoga, M. (2020). Merdeka Belajar, Belajar Merdeka. Pikiran Rakyat, 14 Maret, 14.

http://disdikkbb.org/news/merdeka-belajar-belajar-merdeka/

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” Dalam Pandangan Filsafat

Konstruktivisme. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.