MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN PERAGA KERTAS LIPAT
Abstract
Mengingat pentingnya pengembangan kognitif khususnya mengenal pecahan, maka seorang guru harus menggunakan alat peraga dalam setiap menyampaikan pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat dipahami siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil siswa pada pelajaran matematika dalam mengenal pecahan melalui Mandiangin Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian minat siswa pada siklus I mencapai peningkatan persentase yang sebelumnya hanya 35% menjadi 63% dan pada siklus II mencapai 78%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada poko bahasan pecahan dengan peraga kertas lipas pada siswa kelas IV MI NW Tanak Beak, Kab. Lombok Tengah
Kata Kunci : alat peraga kertas lipa, hasil belajar, pecahan
Full Text:
PDFReferences
Amalia Sapriati,dkk.(2019). Modul 5. Media dan Alat Per agadala m P embe la jar an I P A:
Pembelajaran IPA di SD. TanggerangSelatan: Universitas Terbuka
Andri, dkk. (2019). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model NHT Number Heads Together (NHT) pada Pelajaran Matematika. Jurnal J-PIMat.
Ahdin. (2020). Menggunakan Alat Peraga Berupa Kertas Lipat untuk Meningkatkan
Pemahaman Siswa pada Materi Bentuk Bilangan Pecahan. Jurnal Education. 6(1), 8-13
Annisah, Siti. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. 11, (1-15) Edu, Detik. Mengenal Tentang Pecahan, Pengertian dan Macamnya. . Diakses pada 2 Juli
pukul 13.00
Hernawan, Asep Herry dkk. (2020). Modul 12. Merancang Kegiatan Pembelajaran: Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Inovasi. Kartu Pecahan untuk Membantu Belajar Bilangan Pecahan. . Diakses pada 4 Junli
pukul 11.00
Min, Mas. Pengertian Bilangan Pecahan dan Jenis-Jenis Bilangan Pecahan serta Contohnya. .
Diakses pada 30 Meni 2021 pukul 14.00
Wardani, I G A K, Kuswaya Wihardit. (2020). Modul 1. Hakikat Penelitian Tindakan Kelas:
Penelitian Tindakan Kelas.Tanggerang Selatan : Universitas Terbuk
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i2.6956
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.