KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak: Motivasi memegang peranan yang penting dalam proses belajar. Apabila guru dan orang tua dapat memberikan motivasi yang baik pada siswa atau anaknya, maka dalam diri siswa atau anak akan timbul dorongan dan hasrat untuk belajar lebih baik. tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Problem Solving. Metode menggunakan desain penelitian one group pree test dan post test design. hasil perhitungan dengan menggunakan rumus diperoleh nilai t- hitung untuk kelompok ekperimen sebesar 27.399, sedangkan nilai t-tabel dengan db = 8-1= 7 dan taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.365, yang berarti nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (27.399 > 2.365). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam penerapannya.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Motivasi Belajar
Abstract. Motivation plays an important role in the learning process. If teachers and parents can provide good motivation to students or children, then in students or children there will be encouragement and a desire to learn better. The goal to be achieved in this study is to determine the effectiveness of group guidance with the Problem Solving technique. The method uses a research design of one group pree test and post test design. the results of calculations using the formula obtained the t-count value for the experimental group of 27,399, while the t-table value with db = 8-1 = 7 and a significance level of 5% was 2.365, which means the t-count value is greater than t-table (27,399 > 2,365). Group guidance services with problem solving techniques are effective to increase students' learning motivation in its application.
Keywords: Group Guidance, Problem Solving Techniques, Learning Motivation
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Cresswell J. 2015. Riset Pen Didikan Perencaaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gibson, Robbert L dan Marianne H. Mitch ell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gladding,Samuel, T. 2011. Konseling: Profesi Yang Menyelururh. Jakarta: Indeks
Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram
Nashar, H. 2014. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan. Pembelajaran . Jakarta: Delia Press. Nurilas. 2014.
Sardiman,A.M.2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Grafindo Persada
Schunk, D.H. 2012. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono.2012. Memahami Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
Wibowo, M.E. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press
Winkel, W.S. Dan Hastuti, S. 2010. Bimbingan dan Konseling di InstitusiPendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Winkel, W.S. Dan Hastuti, S. 2012. Bimbingan dan Konseling di InstitusiPendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i1.6259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: transformasi@undikma.ac.id
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.