PENGARUH METODE BWERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI PAUD IBNU SULAM

Rani Ismayanti, Muhammad Arief Rizka, Kholisus Sa'di

Abstract


Abstract: This study answers the problem formulation, whether there is an influence of singing method in improving the ability to count in early childhood in Paud Ibn Sulam. Then this study aims to find out the Influence of Singing Methods In Improving The Ability to Count In Early Childhood In Paud Ibnu Sulam. The subject of this study was a group B learner, then the method of determining the subject in this study is a population study because the number of subjects is less than 100 people but only 20 people. The data collection method used in this study is Observation as the main method, interview and documentation as complementary methods. The data analysis technique used is statistic t-test formula. From the results of the study showed that there is an influence on the development of counting skills seen by students of group B. This is reinforced from the results of t-test calculations that produce a value of 14,454 while in the number of t-table results is 1,729. This means that the zero(HO) hypothesis is rejected while (Ha) is accepted. Based on the results of these calculations can be said that the influence of singing method in improving the ability to count in early childhood in Paud Ibn Sulam is very high and worth defending in order to give birth to children who are smart and active for the nation in the future. The conclusion of this study is that there is a significant influence on improving the ability to count early childhood in Paud Ibn Sulam.

Keywords: Singing method, Early childhood numeracy

Abstrak: Penelitian ini menjawab rumusan masalah, apakah ada Pengaruh Metode Bernyanyi Dalam meningkatkan  Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini  Di Paud Ibnu Sulam. Kemudian penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan  Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini  Di Paud Ibnu Sulam. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B , kemudian metode penentuan subjek pada penelitian ini adalah studi populasi karna jumlah subjek kurang dari 100 orang melainkan hanya 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi sebagai metode utama, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap.Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus statistic t-test.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pengembangan keterampilan berhitung yang terlihat peserta didik kelompok B. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan t-testyang menghasilkan nilai 14,454 sedangkan pada jumlah hasil t-tabel yaitu 1,729. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol (HO) ditolak sedangkan (Ha) diterima. Berdasarkan dari hasil perhitungan tersebut bisa dikatakan bahwa pengaruh Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan  Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini  Di Paud Ibnu Sulam sangat tinggi dan patut dipertahankaagar melahirkan anak-anak yang cerdas dan aktif bagi khidupan bangsa di kemudian hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan terhadap meningkatkan kemampuan berhitung Anak Usia Dini Di Paud Ibnu Sulam.

Kata Kunci: Metode bernyanyi, Kemampuan berhitung anak usia dini



Full Text:

PDF PDF

References


Fauzddin, Mohammad. 2014. Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kamtini, 2005. Fahmi A. 20019. Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka Usia Dini. Medan: Universitas Negri Medan.

Mahardika. 2009. “Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V SDN Jimbang 4 Klaten dalam Pembelajaran Matematika dengan Media Bingo” (Skripsi S1 Prodi PGSD).Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mahmud. AT. 1995. Musik dan Anak. Jakarta: Departemen Pendididikan dan Kebudayaan.

Moeslichatoen.1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta.

Mutiah. U.K. 2017. Meningkatkan Kemampuan Kongnitif Anak Melalui Metode Bernyanyidi TK Aisyiah Al Huda Jampen Kismoyoso Ngempak Boyolali.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v8i1.5728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.