UPAYA MENINGKATKATKAN MINAT BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATA PELAJARANIPS SISWA KELAS V SD HADI SAKTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Pembelajaran IPS yang diterapkan di SD Hadi Sakti masih konvensional. Selama pembelajaran IPS siswa tidak aktif dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas V SD Hadi Sakti tahun pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan strategi active knowledge sharing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Hadi Sakti yang terdiri dari 18 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berupa data hasil observasi minat belajar siswa dan kegiatan guru. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang kegiatan guru dan minat belajar siswa. Data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian siklus I diperoleh prosentase kegiatan guru diperoleh 71% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II, prosentase kegiatan guru telah mencapai 85% dengan kategori baik. Nilai prosentase ini telah memenuhi kriteria sesuai dengan indikator penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi belajar active knowledge sharing dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas V SD Hadi Sakti tahun pelajaran 2021/2022.
Kata kunci: Strategi Belajar Active Knowledge Sharing, Minat Belajar, IPS
References
Arikunto, S. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
B.Uno,Hamzah.2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Dm Zone. 2011. Indikator Minat Belajar. (Online). http://pedoman-skripsi.blogspot.com/2011/07/indikator-minat-belajar.html?showComment=1313592820109#c959180023194334329. Diakses pada November 2021
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarata: Bumi Aksara
Isjoni. 2010. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP Pres.
Kuntijono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Nafi’a Dewi, A. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Aktive Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012. Skripsi. Universitas Sebelas Maret
Silberman, M. 2011. 101 cara Membuat Pembelajaran Aktif. San Frasisco: John Wiley and Sons Inc
Siswoyo, Dwi. 2008. Psikologi Pendidkan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Somantri, M.Nurmn. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: CV Maulana
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandani
Zebua, Gunawan. 2020. Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Jakarta: Guepedia
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i2.5012
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.