UPAYA MENINGKATKATKAN MINAT BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATA PELAJARANIPS SISWA KELAS V SD HADI SAKTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Baiq Sarlita Kartiani

Abstract


Pembelajaran IPS yang diterapkan di SD Hadi Sakti  masih konvensional. Selama pembelajaran IPS siswa tidak aktif dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas V SD Hadi Sakti  tahun pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan strategi active knowledge sharing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Hadi Sakti  yang terdiri dari 18 orang siswa. Penelitian  yang digunakan adalah penelitian kualitatif berupa data hasil observasi minat belajar siswa dan kegiatan guru. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang kegiatan guru dan minat belajar siswa. Data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian siklus I diperoleh prosentase kegiatan guru diperoleh 71% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II, prosentase kegiatan guru telah mencapai 85% dengan kategori baik. Nilai prosentase ini telah memenuhi kriteria sesuai dengan indikator penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi belajar active knowledge sharing dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas V SD Hadi Sakti  tahun pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: Strategi Belajar Active Knowledge Sharing, Minat Belajar, IPS


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, S. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

B.Uno,Hamzah.2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dm Zone. 2011. Indikator Minat Belajar. (Online). http://pedoman-skripsi.blogspot.com/2011/07/indikator-minat-belajar.html?showComment=1313592820109#c959180023194334329. Diakses pada November 2021

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarata: Bumi Aksara

Isjoni. 2010. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP Pres.

Kuntijono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Nafi’a Dewi, A. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Aktive Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012. Skripsi. Universitas Sebelas Maret

Silberman, M. 2011. 101 cara Membuat Pembelajaran Aktif. San Frasisco: John Wiley and Sons Inc

Siswoyo, Dwi. 2008. Psikologi Pendidkan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Somantri, M.Nurmn. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: CV Maulana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandani

Zebua, Gunawan. 2020. Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Jakarta: Guepedia




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i2.5012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.