PENERAPAN KEGIATAN MENARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ni Made Sulastri

Abstract


Abstrak: Kegiatan menari memiliki manfaat yang besar dalam membantu meningkatkan motorik kasar dan halus anak. Dalam kemampuan dasar fisik anak dapat dikenali dari kemampuannya melakukan gerakan keseimbangan, lokomotor, kecepatan, perubahan, ekspresi, teknik mengendalikan tubuh, gerakan energik, dan koordinasi anggota tubuh. Tujuan penelitian Untuk mengetahui penerapan kegiatan menari yang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar halus anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang bersifat kolaboratif Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data, yaitu observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan tari kreasi baru dengan jenis tari yang tradisonal modern. Dari hasil penelitian ini, peneliti menggunakan tiga tahap pengembangan dengan kesimpulan pada tahap pengembangan ke I mendapatkan hasil yang kurang optimal karena peneliti menggunakan 8 anak dengan persentase 38,55% sehingga pada pengembangan ke II peneliti membagi anak menjadi 2 kelompok dan mengalami peningkatan dengan persentase 68,18%. Pada tahap pengembangan ke III mengalami peningkatan secara optimal dengan persentase 79,34%. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui kegiatan menari dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar dan halus anak usia 5-6 tahun secara optimal.

 

Kata Kunci: Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Anak, Kegiatan Menari

 

Abstract: Dancing activities have great benefits in helping to improve children's gross and fine motor skills. In basic physical abilities, children can be recognized from their ability to perform balance, locomotor, speed, change, expression, body control techniques, energetic movements, and coordination of limbs. The purpose of the study was to determine the application of dance activities that can improve the fine motor skills of children aged 5-6 years. The type of research used is collaborative development research. The data analysis used in this research is descriptive qualitative. The method used in collecting data, namely observation and documentation. In this study, we use a new creation of dance with modern traditional dance types. From the results of this study, researchers used three stages of development with the conclusion that in the first development stage the results were less than optimal because the researchers used 8 children with a percentage of 38.55% so that in the second development the researchers divided the children into 2 groups and increased by a percentage of 68 .18%. At the third development stage, it increased optimally with a percentage of 79.34%. This shows that dance activities can improve gross and fine motor development of children aged 5-6 years optimally.

 

Keywords: gross and fine motor development of children, dancing activities


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.

Dedi Rusala. 1999. Buku Tarian Khas Jawa Barat. Jakarta : Bung Rampai

Depdiknas. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

Hurlock, Elisabeth. 1978. Perkembangan Anak jilid 1. Jakarta : Erlangga

Isjoni. 2009. Model Pembelaajran Anak Usa Dini. Bandung : Alfabeta

Jajuli, M. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang : Ikip Semarang

Mudjito. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Ditaman Kanak-Kanak

Mutohir dan Gusril. 2004. Perkembangan Motorik Pada Masa Kanak-Kanak Jakarta : Depdiknas

Nurkencana. 1990. Evalusi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC

Sedyawati, Edi. 1984. Tari.Jakarta : Pustaka Jaya

Soedarsono. 1972. Tari-Tari Tradisional. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Sudjarwo. 2009. Pendekatan Sentra Dan Lingkaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta : Depdiknas

Sudono, Anggani. 2006. Sumber Belajar dan Alat Permainan.Jakarta : Grasindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sumantri. 2005. Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Suyadi. 2009. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta : PT Bintang Pustaka Abadi (BIPA)




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i2.4890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.