PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Dalam dunia pendidikan SD, penguasaan kompetensi matematika menjadi penting. Matematika selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Matematika ada sejak dari bangun tidur, melihat waktu, mengukur kecepatan, memprediksi jarak dan seterusnya hingga kembali tidur. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode penemuan terbimbing terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Hadi Sakti dengan jumlah sampel 25 siswa. Analisis data menggunakan uji t untuk melihat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil analisis N gain kelas eksperimen dan kelas control. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa diajarkan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan metode penemuan terbimbing
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah
References
Cooney, Davis. 1975. Dynamics of teaching secondary school mathematics. U.S.A; Houghton
Efendi, L, A. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP
Jumhariyani. 2016. Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Kelas IV SD Sekecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar” Vol 7. No. 1.
Mardati, A. 2018. Pendekatan penemuan terbimbing dalam Pembelajaran matematika untuk Menghadapi tantangan abad 21. Jurnal Pendidika No 1 Vol 2.
Markaban. 2006. Model pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing.Yogyakarta: PPPG Matematika.
National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM.
Roestiyah NK. 2001. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA (edisi revisi). Bandung : Tarsito “Jurnal Penelitian Pendidikan” Vol. 13 No. 2 Oktober 2012
Suryosubroto. 2002. Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i2.4888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.