PEMBUATAN TERASI UDANG DUSUN JOR DESA JEROWARU KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Evo Satriawan, Kholisus Sa'di

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas program kelompok usaha bersama dalam meningkatkan pembuatan terasi udang di Dusun Jor Desa Jerowaru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur Tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pelatihan kelompok usaha bersama (KUBE) untuk meningkatkan minat berwirausaha dalam membelajarkan kelompok pembuatan terasi udang yang tidak mempunyai minat dalam berwirausaha agar memiliki kemampuan mengolah dan memanfaatkan potensi alam yang ada di Dusun Jor Desa Jerowaru. Penelitian ini merupakan penelitian evaluative, adapun model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi model CIPP (Context, Input, Process Dan Product) dengan populasi sebanyak 25 orang kelompok usaha bersama (KUBE) yang tergabung dalam program pelatihan pembuatan terasi udang. Pengumpulan data dengan menggunakan angket sebagai metode utama, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan teknik analisis data yang diguankan dalam penelitian ini menggunakan analisis data dengan Rumus Porsentase. Jawaban responden setelah diananlisis kemudian di interpretasi melalui table interprestasi untuk mendapatkan nilai efektivitas program. Hasil penelitian ini menyatakan untuk keempat komponen efektivitas program mendapat nilai sangat efektif dan efektif dengan nilai porsentase yang berbeda di antara empat komponen tersebut. Komponen context mendapat prosentase sebesar 87,36%, komponen input mendapat nilai porsentase sebesar 80,69%, komponen process mendapat nilai porsentase sebesar 84,2%, dan komponen product mendapat nilai porsentase sebesar 89,12%. Dan nilai arat-rata dari 4 komponen di atas yaitu 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa efektivitas program kelompok usaha bersama (KUBE) pembuatan terasi udang memiliki kemampuan mengolah dan memanfaatkan potensi alam yang ada di Dusun Jor Desa Jerowaru Kabupaten Lombok Timur tahun 2020 telah berjalan dengan sangat efektif.

Kata Kunci: Efektivitas, Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Pembuatan Terasi  Udang


Full Text:

PDF PDF

References


________, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

________, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Imaroh. 2008. Diakses dari http/jodenmot.wodpress.com/2014/12/25/konsep efektivitas dan ukuran efektivitas, diambil 17/01/2020 pukul 16.00 p.m.

Republik Indonesia. 2010. PEDOMAN Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Jakarta: Kementerian Sosial RI.

SNI 2716.1: 2016 Tentang Pengertian Terasi Udang. Diakses dari http://journal.umm.ac.id/pada tanggal 17/01/2020 pukul 16.00 p.m.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i2.4886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.