EFEKTIVITAS PROGRAM DESA MEMBANGUN TERHADAP PENDIDIKAN MASYARAKAT DI DUSUN BARE DUE DESA SEPAPAN KECAMATAN JEROWARU

Zohratul Aini, Suharyani Suharyani

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat efektivitas program desa membangun terhadap pendidikan masyarakat di Dusun Bare Due Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur NTB tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas program desa membangun terhadap pendidikan masyarakat di Dusun Bare Due Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur NTB tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product). Penentuan sampelnya menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah subyek 20 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai teknik pokok dan dokumentasi sebagai teknik pelengkap, dengan instrument penelitian angket dan panduan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik dengan rumus mean  ideal (Mi), Standar deviasi ideal (SDi) dan persentase. Hasil dari analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik data menunjukkan bahwa komponen context masuk kategori tinggi yakni 55%, komponen input masuk kategori tinggi yakni 59%, komponen process masuk kategori tinggi yakni 54%, dan komponen product pada kategori tinggi yakni sebesar 60%. Sedangkan hasil secara keseluruhan berada pada kategori sedang yakni sebesar 53,75% yang berarti sudah berjalan secara efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa, Efektivitas Program Desa Membangun Terhadap Pendidikan Masyarakat di Dusun Bare Due Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur NTB tahun 2021 sudah berjalan secara efektif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Kata Kunci: Program Desa Membangun, Pendidikan Masyarakat

Abstract: The problem in this study is how the level of The Effectiveness of Village Development Program towards Community Education in Bare Due Sepapan Vilage, Jerowaru District, East Lombok, 2021. This study aims to The Effectiveness of Village Development Program towards Community Education in Bare Due Sepapan Vilage, Jerowaru District, East Lombok, 2021. This study used an evaluative method with the CIPP evaluation model (context, input, process, and product). Determination of the sample used purposive sampling method with the number of subjects 20 people. The data collection techniques used are questionnaires as the main technique and documentation as a complementary technique, with questionnaire research instruments and documentation guides. While the data analysis method used percentage analysis with a non-parametric statistical approach with the ideal mean (Mi), ideal standard deviation (SDi) and percentage formulas. The results of the percentage analysis with a non-parametric statistical approach show that the context component was in the high category, namely 55%, the input component was in the high category, 59%, the process component was in the high category,54%, and the product component was in the high category, which is 60%. While the overall results are in the moderate category, which was 53.75%, which means that it has been effectively. So it can be concluded that The Effectiveness of Village Development Program towards Community Education in Bare Due SepapanVilage, Jerowaru District, East Lombok, 2021 has been effectively in accordance with the objectives to be achieved.

Key Words: Village Development Program, Community Education

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kantun, Sri. 2017. Penelitian Evaluatif Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan (Suatu Kajian Konseptual). Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.10 (2): 1-15.

Kemdikbud. 2019. Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Non Formal. Jakarta Selatan. (http://www.banpaudpnf.kemdikbud.go.id)

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Antopologi I. Jakarta: Rineka Putra.

Makmur. 2009. Teori Manajemen Stratejik. Bandung: PT. Reflika Aditama.

Pandawa, Helmi. 2017. Efektivitas Pelaksanaan Gerakan Desa Membangun dan Dana Desa dalam Membangun Desa Di Kecamatan Malinau Utara Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Renaissance, Vol. 2 (2): 224-241.

Sintia, Elin Dwi. 2019. Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri.

Suharto. G Didik. 2016. Membangun Kemandirian Desa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeda CV.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.2010. Bandung: Citra Umbara.

Undang-undang Nomer 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Zubaedim. 2004. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i1.4072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.