PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TK AL- AZHAR SANDUBAYA

Titi Putiha Hasmar, Wayan Tamba

Abstract


Abstrak: Disiplin merupakan suatu cara untuk memperbaiki tingkah laku yang salah. Disiplin juga mendorong, dan membantu anak agar memperoleh perasaan puas karena kesetiaan, kepatuhan dan mengajarkan kepada anak bagaimana berfikir secara teratur. Reward juga merupakan alat pendidikan untuk mendidik anak supaya dapat merasa senang, karena perbuatan atau pekerjaannya mendapat penghargaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Peningkatan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak (TK) Al- Azhar Sandubaya Kota Mataram Tahun 2020/2021?. Dalam penelitian ini metode yang pengumpulan data yang yang digunakan adalah metode observasi sebagai metode utama sedangkan metode dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan Bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa: Ada Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Peningkatan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Di TK Al- Azhar Sandubaya Kota Mataram Tahun 2020/2021. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu: nilai t hitung sebesar 14,503 dan nilai pembanding pada t tabel  2,093, yang berarti bahwa nilai thitung lebih besar dari pada t tabel (18,6332,093) dengan demikian Ho ditolak dan HA diterima. 

Kata kunci: Reward, Karakter, Kedisiplinan, Anak Usia Dini

 

Abstract: Discipline is a way to correct wrong behavior. Discipline also encourages, and helps children to get a feeling of satisfaction because of loyalty, obedience and teaches children how to think regularly. Reward is also an educational tool to educate children so that they can feel happy, because their actions or work get an award. The formulation of the problem in this study is: Is there an effect of giving rewards on improving the character of early childhood discipline in Al-Azhar Sandubaya Kindergarten, Mataram City in 2020/2021?. In this study, the data collection method used is the observation method as the main method, while the documentation and interview methods are complementary methods. To analyze the data using the t-test formula. Based on the results of data analysis and discussion of Chapter IV, it can be concluded that: There is an Effect of Reward Giving on Increasing the Discipline Character of Early Childhood in Al-Azhar Sandubaya Kindergarten, Mataram City in 2020/2021. This can be seen from the results of the study, namely: the t-count value is 14.503 and the comparison value at t-table is 2.093, which means that the t-count is greater than t-table (18.633>2.093) thus Ho is rejected and HA is accepted.

Keywords: Reward, Character, Discipline, Early Childhood


Full Text:

PDF

References


Arifah, U. 2018. Penanaman Perilaku Disiplin Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah II Ngadirejo Kartasura tahun Ajaran 2018/2109. Tesis S1. Institut

IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan penulisan Karya Ilmiah. Mataram: IKIP Mataram.

Mufidah, U. 2013. Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Tesis S1. Universitas Negeri Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak usia Dini. 2017. Jakarta: Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.

Sugiyono, 2011. Stastikia Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, N. A. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i1.4070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.