HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI LUAR SEKOLAH PADA MASA COVID 19 DI PERUMAHAN KEKERI INDAH

Rizki Melinda Islami, Kholisus Sa'di

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya motivasi dan perhatian orang tua untuk belajar sehinga banyak waktu luang yang tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga tertinggal pelajaran dan kurangnya kesadaran diri untuk belajar sendiri. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Anak Di Luar Sekolah Pada Masa Covid 19 Di Perumahan Kekeri Indah. Populasi dalam penelitian sebanyak 32 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistikkorelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa, dimana nilai thitunglebih besar dari pada nilai ttabelsebesar 0.995 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan 0.248, jadi thitung lebih besar dari pada ttabelyaitu0.995>0.248. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya: Ada Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Anak Di Luar Sekolah Pada Masa Covid 19 Di Perumahan Kekeri Indah, dengan tingkat koefisien korelasi sangat kuat.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar

 

Abstract: The problem in this study is the lack of motivation and attention of parents to learn so that a lot of free time is not utilized properly so that lessons are left behind and lack of self-awareness to learn on their own. The purpose of this study is to find out the Relationship of Learning Motivation With The Independence of Learning Children Outside School During Covid 19 In Kekeri Indah Housing. The population in the study was 32 children. Data collection techniques using observation methods, interview methods, documentation methods and questionnaire methods. The data analysis technique used in this study uses product moment correlation statistics technique. The results showed that there was a relationship between learning motivation and learning independence in students, where the value of thitung was greater than the 0.995 ttabel score and the ttabel score at a significant level of 5% with 0.248, so thitung was greater than the ttabelyaitu0,995>0.248. Thus Ho was rejected and Ha accepted which means: There is a relationship of learning motivation with the independence of learning children outside of school during the Covid 19 period in Kekeri Indah Housing, with a very strong correlation coefficient level.

Keywords: Learning Motivation, Learning Independence


Full Text:

PDF

References


Antonius. 2012. Pengaruh Kemandirian Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja. Skripsi (tidak terbit) Universitas Katolik Soegijapranata semarang.

Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara Bandung PT Remaja Rosdaka Karya.

Dessy. 2014. Desain Penelitian Kualitatif. Diakses pada 11 Januari 2020 di http: //www.eurekapendidikan.com/2020/11/desainpenelitiankualitatif.html?m=1

Sudirman. 2014. Pengelolaan Modal Dalam Rangka Peningkatan Keunggulan Bersaing Makasar: PT. Telkomsel Regional IX.

Mulyaningsih. 2016. Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi. Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Sunarni. 2018. Hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa. Skripsi. Stikes A. Yani Yogyakarta.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Enceng. 2012. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, September 2006, Volume 7, Nomor 2, 91-101: Diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i1.4069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.