IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Ni Made Sulastri

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya data yang berkaitan langsung dengan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun masih perlu diperhatikan sebab masih banyak indikator perkembangan kognitif  yang belum berkembang secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator perkembangan kognitif yang berkembang pada saat kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini serta untuk memperoleh data yang berkaitan langsung dengan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun, karena perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun masih perlu diperhatikan sebab masih banyak indikator-indiktor perkembangan kognitif  yang belum berkembang secara menyeluruh, apabila aspek perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun tersebut tidak dapat berkembang dengan baik maka tumbuh kembangnya tidak optimal sehingga dalam segala aktivitas berfikir yang dilakukan oleh anak tidak berjalan dengan baik. Populasi penelitian adalah  lembaga PAUD yang berada di Kecamatan  Kediri dengan jumlah 27 PAUD yang terdiri dari 502 orang anak. Sehingga didapatkan sampel sebanyak 20 % dari 27 lembaga PAUD yaitu sejumlah 5 lembaga PAUD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, metode dokumentasi dan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat indikator perkembangan kognitif yang berkembang, tidak berkembang dan dominan berkembang pada kegiatan awal dan inti di PAUD se-Kecamatan  Kediri kabupaten Lombok Barat tahun 2021.

Kata kunci :Perkembangan Kognitif, PAUD

 

Abstract : This research is motivated by the absence of data that is directly related to the cognitive development of children aged 5-6 years. Cognitive development of children aged 5-6 years still needs attention because there are still many indicators of cognitive development that have not been developed as a whole. This study aims to determine the indicators of cognitive development that develop during learning activities in early childhood education institutions and to obtain data that is directly related to the cognitive development of children aged 5-6 years, because the cognitive development of children aged 5-6 years still needs to be considered because There are still many indicators of cognitive development that have not developed thoroughly, if the cognitive development aspects of children aged 5-6 years cannot develop properly, their growth and development is not optimal so that all thinking activities carried out by children do not go well. The study population was PAUD institutions located in Kediri sub-district with a total of 27 PAUD consisting of 502 children. So that a sample of 20% was obtained from 27 PAUD institutions, namely 5 PAUD institutions. Data collection techniques used were observation, interviews, documentation methods and using qualitative descriptive data analysis. The results showed that there were indicators of cognitive development that developed, did not develop and were predominantly developing in early and core activities in PAUD in Kediri District, West Lombok Regency in 2021.

 

Keywords: Cognitive Development, PAUD


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.

Hamid, Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Martinis, Yamin & Sanan Sabri. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Nurkancana, Wayan dan Sunarta. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Peraturan Menteri Pendiikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Meteri Penidikan Nasional.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani dkk. 2009. Metode Pengembangan Kognittif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v7i1.4068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.