HUBUNGAN PROGRAM BINA KELUARGA LANSIA (BKL) TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA PUSPA KARMA MATARAM TAHUN 2019-2020

Riskul Ikrama, Kholisus Sa'di

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menjawab rumusan masalah, apakah ada Hubungan Program Bina Keluarga Lansia (BKL) Terhadap Kualitas Hidup Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdaha Puspa Karma Mataram Tahun 2019.  Kemudian penelitian ini bertujuan mengetahui Hubungan Program Bina Keluarga Lansia (BKL) Terhadap Kualitas Hidup Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha Puspa Karma Mataram Tahun 2019. Subjek penelitian ini adalah lansia, kemudian metode penentuan subjek pada penelitian ini adalah studi populasi karna jumlah subjek kurang dari 100 orang melainkan hanya 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai metode utama, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus statistik korelasi product momen Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Hubungan Program Bina Keluarga Lansia (BKL) Terhadap Kualitas Hidup Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha Puspa Karma Mataram. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan korelasi product momen yang menghasilkan nilai 50,704. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol (H0) ditolak sedangkan (Ha) diterima. Berdasarkan dari perhitungan tersebut bisa dikatakan bahwa hubungan yang terjadi  dari  Program Bina Keluarga Lansia (BKL) Terhadap Kualitas Hidup Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha Puspa Karma Mataram sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya Hubungan Program Bina Keluarga Lansia (BKL) Terhadap Kualitas Hidup Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha Puspa Karma Mataram.

Kata kunci: Program Bina Keluarga Lansia

 



Full Text:

PDF

References


BKKBN. 2011. Bina keluarga lansia (BKL). Yokyakarta: Perwakilan Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi DIY.

Fatma. 2010. Alat Ukur Kualitas Hidup Lanjut Usia.

Hesti Nurmaslina. 2017. Peran Kader Bina Keluarga Lansia Agresif Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia Di Desa Banjarmulya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Semarang: Universitas Negri Semarang.

Maryam, R. Siti, dkk. 2008. mengenal usia lanjut dan perawatanya.

Nurul kimila. 2018. Pengembangan Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) Dalam Mewujudkan Lansia Sehat. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Risqia, Lena Satlita. 2018. Strategi Pebangunan Keluarga Lansia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim penyusun skripsi. 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. IKIP Mataram




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v6i2.3314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.