IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU PAUD PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN

Ni Made Sulastri

Abstract


Abstrak: Penerapan metode pembelajaran yang tidak variatif hanya menggunakan satu metode dapat membuat anak merasa cepat bosan serta tujuan pembelajarannya tidak memenuhi sasaran. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang metode pembelajaran apa saja yang diterapkan, metode pembelajaran mana yang dominan dan metode pembelajaran mana yang efektif diterapkan guru pada anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan, metode pembelajaran yang dominan diterapkan, dan metode pembelajaran yang efektif diterapkan guru. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan tehnik pengumpulan data yang berupa metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah semua guru pada anak usia 5-6 tahun yang diambil secara acak dengan tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional stratified random sampling. Hasil identifikasi penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan guru adalah metode bercakap-cakap, tanya jawab, bermain, bernyanyi, demonstrasi, pemberian tugas, bercerita, karyawisata, eksperimen, dan metode proyek. Metode pembelajaran yang dominan diterapkan guru adalah metode bercakap-cakap. Sedangkan metode pembelajaran yang efektif diterapkan guru adalah metode tanya jawab.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran

Abstract: The application of learning methods uses only one method so that it can make children quickly bored and the learning objectives do not meet the goals. In this study, it will discuss what learning methods are applied, which learning methods are dominant and which learning methods are effectively applied by teachers to children aged 5-6 years. The research objective was to determine the learning methods applied, the dominant learning methods applied, and the effective learning methods applied by teachers. This research is a survey research with data collection techniques in the form of observation methods, interviews and documentation methods. The sample of this study were all teachers in children aged 5-6 years who were taken randomly with the sampling technique used was proportional stratified random sampling. The results of the identification of this study indicate that the learning methods applied by the teacher are the methods of talking, question and answer, playing, singing, demonstrations, giving assignments, telling stories, field trips, experiments, and project methods. The dominant learning method applied by the teacher is the conversation method. Meanwhile, the effective learning method applied by the teacher is the question and answer method.

Keywords: Learning Methods


Full Text:

PDF

References


Anita, Yus. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Aqib, Zainal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Dhieni, Nurbiana. 2006. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Univrsitas Terbuka.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Gunarti, Winda dkk. 2008.Metode Pengembangan Prilaku dan kemampuan dasar AUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, Muhammad. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. 2009. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT Indeks.

Wiyani, Novan Ardy dan Barnawi. 2012. Format PAUD: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v6i2.3313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.