PENGARUH PENYELENGGARAAN PROGRAM PARENTING PARENTS GATHERING (PERTEMUAN ORANG TUA) TERHADAP POLA ASUHANAK PADA PAUD PERMATA BANGSA JEMPONG BARU KOTA MATARAM 2019

Fahmim Mandiara Ara, Wayan Tamba Tamba

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menjawab rumusan masalah, apakah ada pengaruh penyelenggraan program parenting parents gathering ( pertemuan orang tua ) terhadap pola asuh anak pada paud permata bangsa jempog baru Kota Mataram 2019. Kemudian penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh program parenting parents gathering ( pertemuan orang tua ) terhadap pola asuh anak pada paud permata bangsa jempog baru Kota Mataram 2019. Subjek penelitian ini adalah orang tua/wali murid, kemudian metode penentuan subjek pada penelitian ini adalah studi populasi karna jumlah subjek kurang dari 100 orang melainkan hanya 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai metode utama, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus statistik Chi Kuadrat  Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pola asuh pada anak yang dirasakan oleh orang tua/wali murid setelah mengikuti program parenting. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan Chi Kuadrat  yang menghasilkan nilai 15,61 sedangkan dari jumlah derajat kebebasan (DK) dengan taraf kesalahan 5% maka harga Chi Kuadrat  tabel yaitu 9,488. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol (H0) ditolak sedangkan (Ha) diterima. Berdasarkan dari perhitungan tersebut bisa dikatakan bahwa pengaruh yang terjadi  dari  program parenting parents gathering ( pertemuan orang tua ) terhadap pola asuh anak pada paud permata bangsa sangat tinggi dan patut dipertahankan agar melahirkan anak-anak yang cerdas dan aktif bagi kehidupan bangsa dikemudian hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh pengaruh program parenting parents gathering ( pertemuan orang tua ) terhadap pola asuh anak pada paud permata bangsa karna semakin siap orang tua/wali murid dalam pengasuhan terhadap anak maka semakin cerdas dan aktif pula anak yang dilahirkan demi kehidupan bangsa dan negara kedepan.

 

Kata kunci:  Perenting, Pola Asuh


Full Text:

PDF

References


Hasan, Maimunah. 2012 . Pendidikan Anak Usia Dini. Yogjakarta : Diva Press.

Latif, Mukhtar, Zulkhairina, Zubaidah Rita, Afandi Muhammad. 2013 . Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Karisma Putra Utama.

Mega, Wahyu.,2017. Peran Kegiatan Parenting Dalam Pola Asuh Orang Tua Di Paud Cinta Kasih (38).

Shochib, Moh, Dr. 2017. Pola Asuh Orang Tua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Strategi Pembangunan Karakter Anak Usia Emas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v6i1.2975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.