PENGARUH TEKNIK SELF TALK UNTUK MENGATASI SIKAP INTROVERT SISWA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik self talk untuk mengatasi sikap introvert siswa kelas VIII SD SMP satu atap 8 praya timur. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah sikap Introvert siswa yang dapat diatasi dengan menggunakan tekhnik self talk. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah 9 orang siswa yang merupakan rekomendasi dari guru sekaligus merupakan sample yang digunakan dalam penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data digunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data, nilai thitung sebesar (13,86) , sedangkan untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar (1,86). Karena thitung lebih besar dari nilai ttabel ( 13,86>1,86) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik self talk untuk mengatasi sikap introvert siswa kelas VIII SD SMP satu atap 8 Praya Timur.
Kata Kunci: Teknik Self Talk, sikap Introvert
Abstract: The aim of this study is to determine the effect of self talk technique on introverted attitude in class VIII of student on SD SMPN Satu Atap 8 Praya Tengah in academic year 2019/2020. The problem raised in this study is student’s introverted attitude which can be overcone by using the self talk technique. The sampling technique used in this study is purposive sampling. The population of this study was 9 students who were recommendations from the teacher as well as the sample used in the study. Data collection methods used were questionnaire methods as the main method and observation methods , interviews, and documentation as complementary methods. To analyze the data using t-test formula, based on the analysis of the tcount data 13,860 with the value of t table at a significance level of 5% are 1,86. Thus the value of t count is greather than the value of t table ( 13,86>1,86), so Ho is rejected ha is accepted. Thus it can be concluded that there is an effect of self talk technique on introverted attitude in class VIII of student on SD SMPN Satu Atap 8 Praya Timur in academic year 2019/2020.
Keywords: self talk technique, introverted attitude
Full Text:
PDFReferences
Diswantika, Noviana. 2016.Efektivitas Teknik Self-TalkDalam Pendekatan Konseling Kognitif Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Peserta Didik Skripsi. Bandar Lampung : STKIP PGRI Bandar Lampung.
Dita Iswari & Nurul Hartini. (2005). Pengaruh Pelatihan dan Evaluasi Self-Talk terhadap Penurunan Tingkat Body-Dissatisfaction. Journal Unair Surabaya (Volume 7 Nomor 3). Hlm. 1-22.
Grita Ratriana Melinda, (2017),Kontrol Emosi Pada Mahasiswa Yang Memiliki Tipe Kepribadian Introvert Di Yogyakarta, Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dcan Konseling, Vol 3, No 7
Widyastuti, Prilly Ana. 2014. Efektivitas Metode Positive Self talk Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Karanganom Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Wuri Handayani, Suci. 2017. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa Introvert Kelas VIII B Di MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Zubaidah, Choirotu. 2017. Hubungan Kepribadian Introvert Dengan Komunikasi Verbal Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Kademangan Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v6i1.2974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.