EFEKTIFITAS PROGRAM BANTUAN SOSIAL (PBS) KABUPATEN LOMBOK TIMUR TERHADAP PEMBERDAYAANMASYARAKAT KELOMPOK TANI TERNAK AL-BAQARAH DI DUSUN DASAN BONGKOT DESA KALIJAGA KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Rosidin Rosidin, Herlina Herlina

Abstract


Masalah dalam  penelitian  ini adalah para peternak masih memanfaatkan pemeliharaan  ternak sapi berdasarkan  pada pengalaman terdahulu dan informasi dari temannya sesama  peternak. Penyampaian informasi melalui kegiatan penyuluhan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Timur tidak pernah dilakukan sehingga pengetahuan peternak  terhadap pemeliharaann ternak sapi masih sangat kurang, seperti dalam cara pemberian pakan (jenis dan campuran atau kombinasi pakan), serta dalam penanganan terhadap penyakit dan teknik pengandangan. Padahal informasi tersebut akan  mampu memberikan peningkatan produktivitas maupun kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Bantuan Sosial (PBS) Kabupaten Lombok Timur Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Tani Ternak Al-Baqarah di Dusun Dasan Bongkot Desa Kalijaga Kecamatan  Aikmel Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif, adapun  model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi model CIPP (context,input, process dan product) dengan populasi sebanyak 18 peternak sapi yang tergabung dalam satu kelompok. Pengumpulan data dengan menggunakan angket sebagai metode utama, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan teknik analisis data yang diguankan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan Rumus Persentase. Jawaban  responden setelah dianalisis kemudian diinterpretasi melalui tabel interpretasi untuk mendapatkan nilai. Hasil penelitian ini menyatakan untuk keempat komponen mendapat nilai sangat efektif dengan nilai persentase yang berbeda di antara empat komponen tersebut. Komponen context mendapat persentase sebesar 87,96%, komponen  input mendapat nilai persentase sebesar  92,22%, komponen  process mendapat nilai persentase sebesar 89,16%, dan  komponen  product  mendapat nilai persentase sebesar 86,22% dan nilai Rata-rata dari  4 komponen di atas yaitu 88,89%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa efektifitas program  bantuan sosial terhadap pemberdayaan masyarakat kelompok tani ternak al-baqarah terbilang sangat membantu  masyarakat dalam  menambah penghasilan ekonomi dan  telah berjalan dengan sangat efektif.

 Kata Kunci: Efektivitas, Program Bantuan Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Dan Kelompok Tani


Full Text:

PDF

References


Abdussamad. (1991). Partisipasi peternak dalam kegiatan penyuluhan peternakan.Tesis .insitut pertanian Bogor.

Buku Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah IKIP Mataram 2011.

Direktorat Jaminan Sosial, Direktorat Jendral Perlindungan Dan Jaminan Sosial. Kementrian Sosial.RI, (2014). Pedoman Umum Keluarga Harapan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan.Jakara.

Hidayat. (2009). Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Kartasapoetra. (2001). Teknologi Penyuluhan Pertanian. Bina Aksara. Jakarta.

Kartasasmita Ginanjar. (2007). Pemberdayaan Masyarakat Suatu Tinjauan Administrasi, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brwajiya: Bandung.

Kementerian Sosial, BPS. (2012). Analisis Data Kemiskinan Berdasarkan Data Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011. Kementerian Sosial Republik Indonesia, Jakarta

Mardikanto, Totok. (2007). Pemberdayaan Masyarakat. Cetakan I1. Surakarta. UNS Press.

Mardikanto, Totok. (2014). Pemberdayaan masyarakat dalam perspektif kebijakan publik. Bandung: Alfabeta.

Mardikanto, Totok. (2014). Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Papilaya, (2011). Wacana Pembangunan Altenative, Jogjakarta.

Suharsimi. Arikunto (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v5i2.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.