Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Mengingat Pembelajaran di PAUD Cerdas Ceria Sanggar Kegiatan Belajar Kabubaten Serang

Muhammad Al Iqbal, Herlina Al Siregar, Siska Resti

Abstract


Abstract: The aim of this research is to find out how the Smart Ceria Early Childhood Learning Activities Studio in Serang Regency can memorize learning using the singing approach method. PAUD managers, teachers and students were used as sources of research data. Data collection was carried out through observation, interviews and documentation techniques. Research shows that considering learning with a singing approach requires planning, implementation and evaluation procedures. By using the singing method, children can memorize material more easily, remember learning for longer, and raise enthusiasm in children. Children memorize songs and material, and only use songs that are appropriate for the child. However, the application of the singing method has the most advantage that children become more enthusiastic about learning.

Key Words: Singing Method, Learning, Early Childhood.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Sanggar Kegiatan Belajar Anak Usia Dini Smart Ceria di Kabupaten Serang dapat menghafal pembelajaran dengan metode pendekatan bernyanyi. Pengelola PAUD, guru, dan siswa dijadikan sebagai sumber data penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa mengingat pembelajaran dengan pendekatan bernyanyi memerlukan prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan menggunakan metode bernyanyi, anak dapat lebih mudah menghafal materi, mengingat pembelajaran lebih lama, dan membangkitkan semangat pada anak. Anak menghafalkan lagu dan materi, serta hanya menggunakan lagu yang sesuai dengan anak. Tetapi penerapan dari metode bernyanyi mempunyai lebih banyak kelebihan yaitu anak jadi lebih bersemangat dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Pembelajaran, Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


Alimuddin, J. (2015). Lagu Anak Sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 2(2), 108–116. https://doi.org/10.30659/pendas.2.2.108-116

Anisa, Z., & Kholisussa'di, K. (2024). Landasan Akademik Program Merdeka Belajar Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan dan Psikologi Pendidikan Islam. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 191 - 200. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.14288

Astutik, S. (2013). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Pada Anak Kelompok A Di Tk Among Putra Surabaya. PAUD Teratai, 2(1).

Dirman & Jurnasih, C. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dolong, H. M. J. (2016). Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal UIN Alauddin, 5(2), 293–300.

Faridatun Nikmah, A. W. (2020). Pengembangan Bakat Siswa Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 3(1), 20–45.

Fitriana Laili, A. W. (2020). Perkembangan Matematika dan Sains Anak Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 3(1), 46–58.

Hilmiy, A., & Sa'di, K. (2024). Evaluasi Program Komunitas Pemuda Lentera Terhadap Keberlangsungan Pendidikan Non Formal di Daerah Pesisir Studi Kasus (Taman Baca Pelangi Desa Kwang Rundun Lombok Timur). Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 148 - 158. doi:https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.12979

Nurhayati, E, 2015. Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Perspektif Psikologi Perkembangan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), https://doi.org/10.24235/awlady.v1i2.73, hal 114

Ramdan, T., Wibowo, D. V., & Nurseha, A. (2023). Implikasi Budaya dalam Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Positif Bagi Siswa MA Al-Ishlah Sagalaherang. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 92-100.

Rasyid, Fathur. (2010). Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Jogjakarta : Diva Press.

Ratna Suhartini, Haniarti, & Makhrajani Majid. 2018. Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-3 Tahun di Posyandu Bunga Cengkeh Desa Puncak Harapan Kecamatan Maiwa. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(3), https://doi.org/10.31850/makes.v1i3, hal 133 Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, hal 182

Ratna Suhartini, Haniarti, & Makhrajani Majid. 2018. Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-3 Tahun di Posyandu Bunga Cengkeh Desa Puncak Harapan Kecamatan Maiwa. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(3), https://doi.org/10.31850/makes.v1i3, hal 133 Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, hal 182

Ratnawati, E. (2016). Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasi). Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 1–23.

Rukhiyah, Y. & Alfani, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 5-7Tahun di TK Kharisma Global School Kec. Panunggangan Barat Kab. Tangerang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 44-53.

Siti Nur M., 2019. Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga (Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Parenting Education). Jurnal Paradigma, 4(1–10).

Wiyani, N. A., 2016. Konsep Dasar PAUD. Gava Media, hal 154




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v11i1.14341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

           

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.