MODEL BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

M. Zainal Mustamiin, Nuraeni Nuraeni, Mujiburrahman Mujiburrahman

Abstract


Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah dalam dunia belajar mengajar adalah dengan menerapkan model kelompok belajar kompetitif dalam belajar IPS. Ide utama model kelompok belajar kompetitif adalah siswa berdiskusi dalam kelompok kecil dalam suatu kelas yang terdiri dari beberapa kelompok, diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam aktivitas belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka salah satunya yang kiranya perlu menjadi pencermatan adalah bagaimana usaha guru untuk meningkatkan proses pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian  yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penerapan model belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Kenampakan Alam  dan Buatan di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS untuk sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan: adanya peningkatan hasil belajar siswa yakni pada data awal sebelum Penerapan model belajar kelompokdi terapkan hasil belajar siswa mencapai 62,5%. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 66,66% dan pada Siklus II meningkat menjadi 87,5% secara klasikal dinyatakan tuntas.

Kata Kunci: Belajar Kelompok, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Rosyada. D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis, Prenada Media,

Djamarah & Bahri. S. (1994). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung. Alfabeta

Lexy J. Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Syaiful Sagala. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i2.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.