PERAN SIKAP POSITIF ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH BARU (STUDI KUALITATIF)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui begaimana bentuk sikap positif orang tua dalam menyikapi berbagai permasalahan anak di sekolah baru. Sebagaimana diketahui bahwa sekolah atau lingkungan baru merupakan suasana yang membutuhkan adaptasi bagi siapapun begitu juga halnya dengan anak. Anak akan membutuhkan adaptasi yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Dengan adanya berbagai hal ini tentunya tidak jarang dijumpai berbagai permasalahan yang harus dihadapi oleh anak yang membutuhkan perhatian orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitattif deskriptif , karena penelitian ini menjelaskan keadaan fenomena di lapangan yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang, sedangkan analisa data dalam penelitian ini ini menggunakan teknik deskriptif yaitu berusaha memaparkan hasil penelitian sebagaimana mestinya sesuai dengan data yang dikumpulkan kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan dengan membandingkan keadaan yang ada di lapangan dengan standar buku yang diacu pada teori yang ada. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai sikap positif yang diberikan oleh orang tua adalah. Bersikap sabar dan terus berlatih untuk membangun keberanian anak menghadapi lingkungan baru, selain itu orang tua mengajarkan anak bagaimana cara memulai interaksi dengan cara sederhana dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah orang tua harus terus berkerjasama dengan pihak sekolah seperti guru untuk terus menciptakan suasana aman bagi anak guna menunjang keberanian anak berada di sekolah baru dan menjadikan lingkungan kondusif, menyenangkan agar anak dapat berinteraksi dengan baik. Selain itu juga komunikasi terbuka dan efektif antara anak dengan orang tua merupakan sikap positif yang diterapkan oleh orang tua pada anak dalam mengatasi perilaku mogok sekolah.
Kata kunci: Sikap Positif Orang Tua, Kemandirian Anak
Full Text:
PDFReferences
Neri Aprilina Iyoq. (2017) Efektivitas Komunikasi Orang Tua Pada Anak Dalam Membentuk Perilaku Positif (Studi Deskriptif Di Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang) Journal Ilmu Komunikasi, UNMUl
Beaty, J. J. (1984). Skills for Preschool Teachers. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.
Coleman, M. (2013). Empowering Family-Teacher Partnership Building Connections within Diverse Communities. Los Angeles: Sage Publication
Elizabeth B. Hurlock (1995) Psikologi perkembangan: Jakarta: Eerlangga.
Lexy, J. Moleong. (2004). Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi.Bandung : Rosda
undang-undang SISDIKNAS NO. 20 tahun 2003
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1030
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: transformasi@undikma.ac.id
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.