PERAN SIKAP POSITIF ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH BARU (STUDI KUALITATIF)

Dewi Rayani Dewi Rayani, Jien Tirta Raharja Jien Tirta Raharja, Aluh Hartati Aluh Hartati

Abstract


Abstract:  This study aims to determine the form of positive attitude of parents in addressing the problem of children in new schools. As it is known that the new school needs adaptation for anyone as well as the child. Children need more adaptation than adults. With the existence of these things is certainly not uncommon encountered problems that must be faced by the child and the attention of parents. The method used in this research is descriptive qualitative method, because this research explains state of phenomenon in the field collected through observation, interview and documentation. The sample in this study amounted to 12 people, while the data analysis in this study used descriptive technique that is trying to describe the results of research as appropriate in accordance with the data collected then proceed with drawing conclusions by comparing the existing conditions in the field with the standard book referenced to the theory there is. The results of this study indicate that the various positive attitudes given by parents is. Be patient and keep practicing to build the courage of children to face new environment, besides parents teach children how to start interaction in simple way and that is no less important is that parents should continue to cooperate with the school like teacher to continue to create a safe atmosphere for children to support the courage of children in the new school and make the environment conducive, fun so that children can interact well. In addition, open and effective communication between children and parents is a positive attitude applied by parents to children in dealing with school strike behavior.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui begaimana bentuk sikap positif orang tua dalam menyikapi berbagai permasalahan anak di sekolah baru. Sebagaimana diketahui bahwa sekolah atau lingkungan baru merupakan suasana yang  membutuhkan adaptasi bagi siapapun begitu juga halnya dengan anak. Anak akan membutuhkan adaptasi yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Dengan adanya berbagai hal ini tentunya tidak jarang dijumpai berbagai permasalahan yang harus dihadapi oleh anak yang membutuhkan perhatian orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitattif deskriptif , karena penelitian ini menjelaskan keadaan fenomena di lapangan yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel  dalam penelitian ini berjumlah 12 orang, sedangkan analisa data dalam penelitian ini ini menggunakan teknik deskriptif yaitu berusaha memaparkan hasil penelitian sebagaimana mestinya sesuai dengan data yang dikumpulkan kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan dengan membandingkan keadaan yang ada di lapangan dengan standar buku yang diacu  pada teori yang ada. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai sikap positif yang diberikan oleh orang tua adalah. Bersikap sabar dan terus berlatih untuk membangun keberanian anak menghadapi lingkungan baru, selain itu orang tua mengajarkan anak bagaimana cara memulai interaksi dengan cara sederhana dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah orang tua harus terus berkerjasama dengan pihak sekolah seperti guru untuk terus menciptakan suasana aman bagi anak guna menunjang keberanian anak berada di sekolah baru dan menjadikan lingkungan kondusif, menyenangkan agar anak dapat berinteraksi dengan baik. Selain itu juga komunikasi terbuka dan efektif antara anak dengan orang tua merupakan sikap positif yang diterapkan oleh orang tua pada anak dalam mengatasi perilaku  mogok sekolah. 

Kata kunci: Sikap Positif Orang Tua, Kemandirian Anak


Full Text:

PDF

References


Neri Aprilina Iyoq. (2017) Efektivitas Komunikasi Orang Tua Pada Anak Dalam Membentuk Perilaku Positif (Studi Deskriptif Di Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang) Journal Ilmu Komunikasi, UNMUl

Beaty, J. J. (1984). Skills for Preschool Teachers. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Coleman, M. (2013). Empowering Family-Teacher Partnership Building Connections within Diverse Communities. Los Angeles: Sage Publication

Elizabeth B. Hurlock (1995) Psikologi perkembangan: Jakarta: Eerlangga.

Lexy, J. Moleong. (2004). Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi.Bandung : Rosda

undang-undang SISDIKNAS NO. 20 tahun 2003




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.