DENGAN PENGGUNAAN TEKNIK KATA KUNCI DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN GAGASAN UTAMA PARAGRAF TEKS PADA SISWA KELAS IX-9 SMPN 1 NARMADA TAHUN 2015-2016 (PTK)
Abstract
ABSTRAK
Rendahnya kemampuan siswa kelas IX-9 SMPN 1 T.P 2015-2016 Narmada dalam menentukan gagasan utama paragraf menjadi permasalahan utama yang dihadapi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hanya 10 siswa (23,3%) dari 43 siswa yang mencapai nilai tuntas. Sementara itu 33 siswa (76.7%) lainya perolehan nilainya belum mencapai KKM. Sedangkan nilai standar yang dipersyaratkan sesuai KKM adalah 80. Faktor utama yang dianggap menjadi penyebab rendahnya kemampuan siswa tersbut adalah kurang efektifnya teknik dan media pembelajaran yang digunakan guru dalam PBM dan rendahnya minat / motivasi belajar siswa. Walau tidak menutup kemungkinan adanya faktor lain yang menjadi kendala.
Permasalahan tersebut penting untuk diupayakan pemecahannya. Bila tidak, dikhawatirkan akan berdampak buruk, baik bagi siswa maupun guru. Bahkan juga pada pelajaran bahasa Indonesia ke depan. Dalam hal ini, upaya yang dapat dilakukan adalah menemukan media dan teknik pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa. Teknik dan media yang dianggap tepat dan menarik bagi siswa adalah teknik pembelajaran kosa kata dengan teknik kata kunci.
Penggunaan teknik pembelajaran kosa kata dengan teknik kata kunci dapat meningkatkan kemampuan siswa kelaas IX-9 dalam menentukan gagasan utama paragraf. Bila dibandingkan perolehan nilai siswa dalam menentukan gagasan utama paragraf pada prasiklus, terjadi peningkatan nilai pada siklus I dan siklus II. Siswa yang tuntas pada pra-siklus sebanyak 10 orang (23.3%), meningkat menjadi 23 orang pada siklus I dan 39 orang yang tuntas pada siklus II. Hal ini membuktikan keefektifan penggunaan teknik kata kunci dalam menentukan gagasan utama paragraf.
Kata Kunci : Teknik Kata Kunci, Kosa Kata, Gagasan Utama,
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Badara, Aris. (2012). Analisis Wacana Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana
Fatimah, Enung. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Sobur, Alex. (2012). Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suyatno. (2012). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.
DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1029
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Transformasi
ISSN: 2442-5842 (Print)
ISSN: 2962-9306 (Online)
Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
No. WhatsApp: 087863548098
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.