PEMANFAATAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF KREATIF DALAM MELATIH KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PAUD PERMATA BANGSA

Khairul Huda Khairul Huda, Nurul Iman Nurul Iman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan bukan sekedar mengesahkan asumsi peneliti, namun, lebih pada tujuan dari penelitian, yaitu: Mengetahui Bagaiman Pemanfaatan Media Permainan Edukatif Kreatif Dalam Melatih Keterampilan Sosial Anak Paud Permata Bangsa. Sehingga mampu membuat pemikir/pendidik pendidikan anak usia dini bersikap aktif untuk mengarahkan agar peserta didik mampu mengaktualisasikan pemnbelajaran dalam dirinya dan lingkungan dimana ia berada. Model penelitian dilakukan berdasarkan penyusunan data menurut Miles dan Huberman, tahapan yang dilalui yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian. Penelitianini bukan sekedar bertujuan mengesahkan asumsi peneliti, namun, lebih pada tujuan dari penelitian, yaitu: Mengetahui Bagaiman Pemanfaatan Media Permainan Edukatif Kreatif Dalam Melatih Keterampilan Sosial Anak Paud Permata Bangsa? Tahapan yang sudah dilaksanakan selama penelitian berlangsung, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga Paud Permata Bangsa belum maksimal dalam Mengetahui Bagaiman Pemanfaatan Media Permainan Edukatif Kreatif Dalam Melatih Keterampilan Sosial Anak Paud Permata Bangsa dikarenakan masih kurannya tenaga profesional, anak-anak masih harus beradaptasi dengan kegiatan permainan sosial, masih harus pelatihan dalam mengambangkan media permainan yang kratif yang mampu menstimulasi keterampilan sosial anak, menggali konpetensi keperibadian, konpetensi sosial dan konpetensi pedagogik serta melakukan sosialisasi atau pelatihan dalam rangka mengmbangkan ragam media permainan yang bisa menstimulasi perkembangan keterampilan sosial anak.

 Kata Kunci : Permainan Edukatif Kreatif, Keterampilan Sosial.


Full Text:

PDF

References


Beheshtifar and Norozi “sosial skill a Factor to Employees’ Success” International Jurnal Vol. 3 (http://www.harmars.com, diakses 21 November 3014).

“Building Sosial Skill Through Aktivities” http://www.DannyPettry.Com (Diakses 05 November 20014)

http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno/perkembangan-sosio-emosional-peserta didik-usia-dini, (Diakses 04 November 2014)

Janice J. Beaty, Observasi Perkembangan Anak usia Dini, (Jakarta ,Kencana Prenadamedia Group, 2013).

George S. Morisson, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta, PT indeks, 2012).

Hamzah, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. (PT. Bumi Aksara, Jakarta), 2010.

Hijriati Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini (Jurnal Volume III. Nomor 2. Juli – Desember 2017)

Elizaberd, B. Hourlock, Perkembnagan Anak, (Jakarta, PT. Glora Aksara Pratama, 2013)

“Building Sosial Skill Through Aktivities” http://www.DannyPettry.Com (Diakses 05 November 20014)

Pusari Analisis Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam Menciptakan Pembelajaran Bahasa Di TK Tunas Rimba Ii Kota Semarang (Jurnal Volume 6 Nomor 1 Juli 2016)

Siska, Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial, (http://jurnal.upi.edu/8705, diakses 06 November 2014).




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.