KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN PBP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA

Andika Apriawan Andika Apriawan, Sugiharsono Sugiharsono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan satu kelompok eksperimen dan dua kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Mataram. Jumlah sampel tiga kelas yang diambil secara acak (random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan saintifik dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis projek (PBP) efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan jiwa kewirausahaan siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan signifikansi 0,04, dan 2) pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran berbasis projek (PBP) lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan jiwa kewirausahaan siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan signifikansi 0,04 masing-masing variabel pada kelas eksperimen, 0,056 dan 0,090 masing-masing variabel pada kelas kontrol pertama, 0,483 dan 0,555 masing-masing variabel pada kelas kontrol kedua.

Kata Kunci : pendekatan saintifik, metode pembelajaran berbasis projek, metode pembelajaran konvensional, motivasi berprestasi, jiwa kewirausahaan.       

 

Abstract: This study was a quasi-experimental research using one experimental group and two control groups. The population of this study were all students of class X MAN 2 Mataram. The technique of taking samples used random (random sampling). The results of this research show that: 1) the scientific approach using project-based learning (PJBL) method is effective in improving students’ achievement motivation and entrepreneurial spirit in economic subjects with 0.04 of significance level, and 2) the scientific approach project-based learning method is more effective than conventional teaching methods in improving students’ achievement motivation and entrepreneurial spirit in economic subjects with 0.04 of significance level in each variable for the experimental class, whereas first control class in each varibel is 0.056 and 0.090, and then the second control class in each varibel was 0.483 and 0.555.

Keywords: Scientific Approach, Project-Based Learning Method, Conventional Teaching Methods, Achievement Motivation, and Entrepreneurial Spirit.


Full Text:

PDF

References


Bas, G. (2011). Investigating the effects of project-based learning on students’academic achievement and attitudes towards english lesson (versi elektronik). The Online Journal Of New Horizons In Education (TOJNET). 2.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. Journal Routledge Taylor and Francis Group. 39. 0009-8655.

Catharina, A. dkk. (2004). Psikologi belajar. UPT UNNES Press UPT MKK UNNES.

Direktorat Pembinaan SMA-Ditjen Pendidikan Menengah. (2014). Naskah Ekonomi.

Gunarsa, S. D. (1991). Psikologi praktis: anak, remaja, dan keluarga. Jakarat: PT. BPK Gunung Mulia.

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kemediknas. (2010). Pengembangan pendidikan kwirausahaan. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Pusat Kurikulum.

Savage, R.N., Chen, K.C., & Vanasupa, L. (2007). Integrating project-based learning throughout the undergraduate engineering curriculum. Journal of STEM Education Cal Poly State University. 8. 15-28.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta..

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mepengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtni.v4i1.1025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal



This Journal has been Indexed by:

      

Jurnal Transformasi

ISSN: 2442-5842 (Print)

ISSN: 2962-9306 (Online)

Published by Program Pendidikan Luar Sekolah, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

No. WhatsApp: 087863548098

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.