Karakter Tokoh Kartun dalam Penciptaan Seni Patung

Nurhayati Nurhayati Nurhayati, Pyo Apriliana Munawarah, Mi’rajus Subyan Rahmat

Abstract


Seni patung merupakan seni bentuk tiga dimensi yang menampilkan nilai keindahan bentuk. Digolongkan sebagai tiga dimensi karena memiliki ukuran panjang lebar dan tinggi atau volume. Konsep dasar ide penciptaan yang diangkat dalam penciptaan Tugas Akhir ini adalah Karakter Tokoh Kartun Dalam Penciptaan Seni Patung yang divisualkan ke dalam suatu bentuk Karya Seni Patung. Penulis menggambarkan teknik kontruksi dan jenis patung figurative dengan corak deformatif yang bentuknya telah banyak berubah. Material yang digunakan dalam membuat karya ini adalah besi kawat, kain, tisu, kertas dan lem kayu. Karya Seni Patung yang dimaksud dibuat secara ekspresif atau spontan sehingga menghasilkan bentuk yang unik. Karya-karya yang dibuat menceritakan Karakter Tokoh Kartun baik itu perasaan jahat, baik, pemalas, penyayang dan berupa sifat lainnya. Karya-karya Patung yang diciptakan tergolong sebagai karya seni murni yang bisa diapresiasi melalui proses interpretasi dari masing-masing penikmat atau audience. Hal ini dimaksud untuk berbagi informasi dan pengetahuan, terutama dikalangan para penikmat Seni Patung pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Abdul Kadir. 2002, Raut Muka, Andi Yogyakarta

Darmaji. 2018, Kritik Seni Rupa, Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia Asri

Henuut Akhdiat Kartamiharja. 2021, Polemik Kebudayaan, Jakarta: Balai Pustaka

I Wayan Gulendra. 2020, Pengertian Garis dan Bentuk, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar | Indonesian Institute of The Arts Denpasar

http://deviflorenci.blogspot.com/2013/11/makalah-seni-rupa-karya-tiga-dimensi.html

http://Encyclopaedia,Britannica,KBBI,sumberbelajar.belajar.kemendikbud (diakses Penulis pada tanggal 20 November 2021 pukul 09.17 WITA)

http://deviflorenci.blogspot.com/2013/11/makalah-seni-rupa-karya-tiga-dimensi.html. (diakses Penulis pada tanggal 20 November 2021 pukul 11.20 WITA)

https://www.Bola.Com/Ragam/Read/4582039/Pengertian-Karakter-Unsur-Jenis-Beserta-Macam-Macam-Pembentukannya-Yang-Perlu-Diketahui. (diakses Penulis pada tanggal 20 November 2021 pukul 11.34 WITA)

http://repository.upi.edu › S_PSR_1203044_Chapter3. (diakses Penulis pada tanggal 20 November 2021 pukul 11.47 WITA)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal SERUPAKU
Diterbitkan oleh Program Studi D3 Seni Rupa, FBMB UNDIKMA
Jl. Pemuda No.59 A Mataram | www.e-journal.undikma.ac.id/index.php/serupaku

Phone: +6285 738 390 568 | E-mail: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Education and Information Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License