PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SD SMP NEGERI SATAP 2 LINGSAR

Ni Komang Yuni Sarianingsih, Siti Nurhidayati, Taufik Samsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Prediction Guide berbantuan Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SD SMP Negeri SATAP 2 Lingsar. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif dengan bentuk rancangan Posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian berjumlah 17 siswa untuk kelas kontrol dan 17 siswa untuk kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini diambil pada siswa kelas sampel dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket motivasi dengan jenis tertutup yang terdapat pernyatan positif dan negatif, dan tes hasil belajar kognitif dengan jenis pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket motivasi dan tes hasil belajar kognitif pada materi klasifikasi makhluk hidup. Data angket motivasi dan hasil belajar kognitif yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t, hasil analisis data menunjukan bahwa motivasi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, untuk uji-t motivasi belajar siswa diperoleh t hitung 10,55 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% 2,04 sehingga t hitung > t tabel maka Ha diterima. Hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang diberi strategi pembelajaran Prediction Guide berbantuan Mind Mapping lebih tinggi dari kelas kontrol, dan untuk uji-t hasil belajar kognitif siswa t hitung 6,39 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% 2,04 sehingga t hitung > t tabel maka Ha diterima. Dengan demikian strategi pembelajaran Prediction Guide berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SD SMP Negeri SATAP 2 Lingsar.


Keywords


Strategi Pembelajaran Prediction Guide; Mind Mapping; Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References


Annisa, R,R. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Prediction Guide Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS 5 SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. (online) : https://digilib.uns.ac.id/. Diakses pada tanggal 4 Januari 2018.

Diniyati, Samsuri, T & Mirawati, Bq. 2014. Pengaruh Model Think Pair Share Dengan Menggunakan Peta Konsep Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Gerung Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. Mataram : IKIP Mataram. (Online) : http://lppm.ikipmataram.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/Diniyati-Pengaruh-Model-Think-Pair-Share-dengan-Menggunakan-Peta-Konsep-terhadap-Aktivitas-dan-Hasil-Belajar-Kognitif-Pend-Biologi.pdf. Diakses pada tanggal 22 September 2018.

Khaeruman & Nurhidayati, S. 2016. Trik-trik Mengajar. Mataram: Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Maksum, I. 2015. Memahami Kajian Teoritis Tentang Metode Prediction Guide. Tersedia di: https://www.nomifrod.com/2015/11/kajian-teoritis-tentang-metode-prediction-guide.html.

Nurhidayati, Zubaidah, & Indriwati. 2015.Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Kependidikan 14 (3): 285-294. Mataram : LPPM IKIP Mataram. (Online) : http://lppm.ikipmataram.ac.id/wp-content/uploads/2015/03/Siti-Nurhidayati-dkk.-Pengaruh-Metode-Inkuiri-Terbimbing-terhadap-Aktivitas-dan-Hasil-Belajar-Siswa.-Jurnal-Kependidikan-Edisi-September-2015-Vol.-14-No.-3.pdf. Diakses pada tanggal 22 September 2018.

Mardianto, M. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Antara Model Prediction Guide Dengan Model Konvensional Yang Di Laksanakan Di Kelas X SMA N 2 Koto XI Tarusan. Jurnal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol.2 No.2 (152 - 164). Padang : STKIP PGRI Sumbar. (online) : http://dx.doi.org/10.22202/economica.2014.v2.i2.228. Diakses pada tanggal 22 september 2018.

Prasetyo, D. 2016. Pengaruh Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah. (online) : eprints.ums.ac.id/45654/31/Naskah%20publikasi.pdf. Diakses pada tanggal 4 Januari 2018.

Rostiana, Y. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Screamble Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII MTs ULIL-BAAB NW Lendang Jaran Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi S1. IKIP Mataram.

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Silviana, Zulfaneti & Mardiyah. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 6 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Sumatera Barat: STKIP PGRI. (Online) : http://download.portalgaruda.org/. Diakses pada tanggal 4 Januari 2018.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i1.969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Ni Komang Yuni Sarianingsih, Siti Nurhidayati, Taufik Samsuri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats