The Effect of STEM Integrated PBL Model to Practice Students' Scientific Communication Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, D., & Faijah Kurniati, D. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 5(2), 281–289. https://doi.org/10.36989/didaktik.v5i2.107
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Agustina, R., Huda, I., & Nurmaliah, C. (2020). Implementasi Pembelajaran STEM pada Materi Sistem Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 241–256. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16913
Anindya Fajarini. (2018). Pembelajaran IPS Berbasis. Tarbiyatuna, 2(2), 19–30.
Aristianti, E., Susanto, H., Marwoto, P. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 67–73.
Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915
Borich, G. D. (2015). Observation Skills For Effective Teaching Research-Based Practice.
Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). ISSN : 2338-1027 Februari 2018 Profil Keterampilan Komunikasi Siswa SMP Dalam. JurnalWahana Pendidikan Fisika, 3(1), 49–54.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
Ika, Y. E. (2018). Pembelajaran Berbasis Laboratorium IPA untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 101–113. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.338
Ishak. (2021). Penerapan Metode Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 132–143.
Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project - Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272. http://idealmathede.p4tkmatematika.org
Khairani, Mukhni, & Aini, F. Q. (2018). Pembelajaran Berbasis STEM dalam Perkuliahan Kalkulus di Perguruan Tnggi. UJMWS (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(2), 104–111. http://103.66.199.204/index.php/UJMES/article/view/544
Mufidah, E. (2019). Ilmiah Bagi Mahasiswa Pgmi. 01(02), 120–140.
Mukarromah, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 38. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11844
Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 121. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8291
Putri, A. N., & Muhartati, E. (2019). Keterampilan Proses Sains Awal Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Matakuliah Biologi Umum. Pedagogi Hayati, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.844
Putri, C. D., Pursitasari*, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 193–204. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17859
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Rohmah, N. G., Leksono, S. M., & Nestiadi, A. (2022). Analisis Buku Teks IPA SMP Kelas VII Berdasarkan Muatan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Tema Udaraku Bersih. Journal of Science Education, 6(2), 353–360.
Safitri et al. (2018). Analisis Kesesuaian Tujuan Kurikulum Pada Buku Teks Pelajaran Ipa Smp / Mts Kelas Vii Semester 2 Untuk Diintegrasikan Dengan Materi Tsunami Universitas Negeri Padang. Pillar of Physics Education, 11(2), 9–16. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/3297
Septiani, A. (2014). Penerapan Asesmen Kinerja Dalam Pendekatan STEM (Sains Teknologi Engineering Matematika). Jurnal Penelitian Sains Dan Teknologi, 1(1), 654–659.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Wulandari, F. E., Rohmah, J., & Astutik, Y. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Keterampilan Komunikasi Ilmiah Mahasiswa. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 261–264. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2438
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i4.5664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ayu Islamiyah, Fitria Eka Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.