Improving Student's Logical Thinking Abilities And Learning Outcomes Through Guided Inquiry Model
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. (2017). Efektivitas dan Kendala Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri terhadap Capaian Dimensi Kognitif Siswa: Meta Analisis. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1206
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Effect of Guided Inquiry Learning Model Towards Student Learning Outcomes and Critical Thinking Ability. J. Pijar MIPA, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13.i2.468
Andriawan. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis dalam Pemecahan Masalah MAatematikaA Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoardjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 42–48.
Anggareni, N. ., Ristiati, N. ., & Widiyanti, N. L. P. . (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11.
Artayasa, I. P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. (2017). The Effectiveness of the Three Levels of Inquiry in Improving Teacher Training Students ’ Science Process Skills. Journal of Baltic Science Education, 16(6), 908–918.
Della Setiasih, S., Panjaitan, R. L., & Julia, J. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V SDN Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 421–430.
Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/119287-ID-none.pdf
Hidayahtika, F., Suprapto, P. K., & Hernawati, D. (2020). Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dalam Pembelajaran Biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 69. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2123
Hutagalung, A., & Simarmata, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(1), 16–22. https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i1.8015
Irwansyah, & Lubis, A. M. (2016). Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Nur Azizi. Niagawan, 26–30.
Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871
Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi, 1(1), 51–60. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2931
Maisaroh & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor – Maisaroh dan Rostrieningsih. Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 157–172.
Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2019). The effect of guided inquiry learning and cognitive style on science learning achievement. International Journal of Instruction, 12(1), 737–750. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12147a
Marheni, N. P., Muderawan, I. W., & Tika, I. N. (2014). Studi Komparasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas terhadap hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Sains SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 4 Tahun 2014), 4(2), 11.
Masitoh, I. D., & Ariyanto, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta The Influence of Guided Inquiry Learning Toward Critical Thinking Skills of X MIA Students on Environtmental. Bioedukasi, 10, 71–79.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nuroso, H., Kurniawan, W., & Setyawati, C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Berbantuan Buletin Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 42–49.
Purwanto, A. (2012). Kemampuan Berpikir Logis Siswa Sma Negeri 8 Kota Bengkulu Dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Fisika. Exacta, 10(2), 133–135.
Purwati, N., Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Mahanal, S. (2018). Increasing Islamic Junior High School students learning outcomes through integration of science learning and Islamic values. International Journal of Instruction, 11(4), 841–854. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11453a
Septiati, E. (2016). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Prosiding Universitas Muhammadiyah Palembang, 1(1), 394–401.
Sidik NH., M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262
Suhirman, S., & Yusuf, Y. (2019). The Effect of Problem-based Learning and Naturalist Intelligence on Students’ Understanding of Environmental Conservation. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 387–396. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9817
Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90–103.
Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.
Surat, I. M. (2016). Pembentukan karakter dan kemampuan berpikir logis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis saintifik. EMASAINS.
Sutama, I., Arnyana, M., & Swasta, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Suwanto, Wachidi, & Turdja’i. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Berpikir Logis dan Prestasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di SDN 03 Gugus 1 Kabupaten Bengkulu Utara). DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 2017, 7(2).
Udiani, N., Marhaeni, M., & Arbyana, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SDN No.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 7(1), 125124.
Widodo, H. (2016). Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), 293. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250
Zubaidah, S. (2018). Keterampilan Abad Ke-21: Bagaimana Membelajarkan dan Mengasesnya. In Seminar Nasional Tantangan Biologi dan Pendidikan Biologi Abad-21 (Issue April, pp. 1–25). Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau.
Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving creative thinking skills of students through Differentiated Science Inquiry integrated with mind map. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 77–91. https://doi.org/10.12973/tused.10214a
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4822
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nining Purwati, Nur Yuliana, Hanapi Hanapi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.