Response of Biology Students toward Online Learning in the Covid-19 Pandemic Era
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andiarna, F & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Psikologi, Volume 16 Nomor 2, Desember 2020. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ jp.v14i2.9221
Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2014). The role of e-learning, the advantages and disadvantages of its adoption in higher education. International Journal of Education and Research, 2(12): 397-410.
Arnesi, N., & Hamid, A.K. (2015). Penggunaan media pembelajaran online-offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1): 85-99. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
Astuti, C. C., Sari, H. M. K., & Azizah, N. L., (2019). Perbandingan efektifitas proses pembelajaran menggunakan metode e-learning dan konvensional. Proceedings of the ICECRS, 2(1),: 35-40. http://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2395
Dzalila, Lizha Q. A., Annisa A., Saifuddin Z. (2020). Pngaruh pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 terhadap tingkat pemahaman belajar mahasiswa. Jurnal Signal Volume 8, No. 2, Juli 2020, hlm 89-214. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Signal
ECW. (2020). COVID-19 and education in emergencies. Diambil dari https://www.educationcannotwait.org/covid-19/
Fitriana, E., Utaya, S., & Budijanto. (2016). Hubungan persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar geografi di homeschooling sekolah dolan kota malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(4): 662-667. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6212
Haryadi, Rudi & Idah Rosian. (2020). Pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap motivasi dan kualitas belajar siswa. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha Volume 11 Number 2, 2020, pp 136-141 ISSN: DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v10i2 Open Access https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/index
Isnayni, Mila Yatimatul & Wildan Hermansyah. (2020). Pengaruh pembelajaran sistem daring terhadap mahasiswa tadris biologi dalam memahami materi mata kuliah biokimia. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2020.
Istiningsih, S., & Hasbullah. (2015). Blended learning, trend strategi pembelajaran masa depan. Jurnal Elemen, 1(1): 49-56.
Kemdikbud. (2020). SE mendikbud: pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19. Diambil dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Menteri%20Nomor% 204%20Tahun%202020%20cap.pdf
Kemendikbud. (2021). Kemendikbud terbitkan pedoman penyelengaraan belajar dari rumah. Diambil dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah.
Kominfo. (2018). Pemerataan pembangunan infrastuktur telekomunikasi kawasan Indonesia timur segera terwujud. Diakses dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/13279/pemerataan-pembangunan-infrastraktur-telekomunikasi-kawasan-indonesia-timur-segara-terwujud/0/sorotan_media
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020). Ada 246 aduan di kpai soal belajar daring, siswa keluhkan tugas menumpuk-kuota. Diambil dari https://www.kpai.go.id/berita/ada-246-aduan-di-kpai-soal-belajar-daring-siswakeluhkan-tugas-menumpuk-kuota
Mashuri, H. (2017). Persepsi siswa terhadap pembalajaran guru pendidikan jasmani di sma muhammadiyah kediri. Jurnal Penelitian Pembelajaran Sportif, 3(1): 110. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.681
Muntazhimah., Eline Y. P. N., Sri Y. N. (2020). Respon siswa sekolah menengah terhadap pembelajaran matematika di era covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 3, pp. 193 – 206.
OECD. (2020). Supporting the continuation of teaching and learning during the COVID19 Pandemic. Diambil dari http://www.oecd.org/education/Supporting-thecontinuation-of-teaching-and-learning-during-the-COVID-19-pandemic.pdf
Padli, Feri & Rusdi. 2020. Respon siswa dalam pembelajaran online selama pandemi. Social Landscape Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FIS-UNM.
Purwanto, A., et al. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1): 1-12.
Rahman, S., Munawar, W., T. & Berman, E. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis website pada proses pembelajaran produktif di smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1): 137-145. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746
Sa’diya, Nilam Puspah & Brillian Rosy. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada masa pandemi covid-19. JIMEA| JurnalIlmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol.5 No.2, 2021.
Sobron A.N. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2).
Sugiarto, et al. (2001). Teknik sampling, jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Thahir, M., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Identifikasi persepsi dosen dan mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis website (pbw) di prodi pendidikan matematika ftk uin suska riau. Jurnal Elemen, 4(2): 159–170. http://dx.doi.org/10.29408/jel.v4i2.709
UNESCO. (2020). Covid-19 educational disruption and response. Diambil dari https://en.unesco.org/covid19/educationresponse
Vonderwell, S., & Savery, J. (2004). Online learning : student role and readiness. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 3(3): 38-42.
Waryanto, N.H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Jurnal Pythagoras, 2(1): 10-23.
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan blended learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1): 13-18.
Yunitasari, Ria & Umi Hanifa. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 3 Tahun 2020 Halm 232 – 243 https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Masiah Masiah, Sri Nopita Primawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.