The Effect of PBL Model and Learning Styles on Mathematical Problem-Solving and Self Esteem Abilities
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkotasan, Nurma. (2013). Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. 92-100. Retrieved from: https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/8497
Bahar, A., & Maker, C. (2015). Cognitive Backgrounds of Problem Solving: A Comparison of Open-ended vs. Closed Mathematics Problems. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(6), 1531-1546. doi: https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1410a
Burroughs, N., Gardner, J., Lee, Y., Guo, S., Touitou, I., Jansen, K., & Schmidt, W. (2019). Teaching for Excellence and Equity, 6(2007), 7–17. Retrieved from: https://doi.org/10.1007/978-3-030-16151-4
Cheong, F. (2008). Using a problem based learning approach to teach an intelligent systems course. Journal of Information Technology Education. 7(1), 47-60.
Chen, Wen-Haw. 2013. Applying Problem-Based Learning Model and Creative Design to Conic-Sections Teaching. International Journal Of Education And Information Technologies. Issue 3. Vol 7.
De Potter, B. & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Pamungkas, Aan Subhan. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 69. Retrieved from: DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209
Fahrurrozi, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Pendekatan Scientific terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Emosional (Lesson Study pada Mata Kuliah Statistik Elementer). Jurnal Elemen, 1(2), 93. Retrieved from: https://doi.org/10.29408/jel.v1i2.82
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. Retrieved from: doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678
Faturahman, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Pebdekatan Visual – Auditori – Kinestetik (VAK), 1(1), 57–63. Retrieved from: https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.57-63
Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan Pbl Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48. Retrieved from: https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2663
Haryati, T., Nindiasari, H., and Sudiana, R.(2017) “Analisis Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar,” J. Penelit. Dan Pembelajaran Mat., vol. 10, no. 2. Retrieved from: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2039
Isrok'atun. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Kemdikbud. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.BPSDM.
Keliat, N. R. (2016). The Profile of Students' Learning Styles and Their Effects on Grade Point Average (GPA) Achievement. EDUTECH, 15(2), 188-198.
Khamid, A., & Santosa, R. H. (2016). Keefektifan pendekatan PBL dan CTL ditinjau dari komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 111. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10660.
Lawrence, D. (2006). Enhancing self-esteem in the classroom (3rded.). London: Paul Chapman Publishing.
Lestari & Yudhanegara.(2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama
Liberna, H. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 98. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.988
Nissa, I. C., Lestari, P., & Kumala, D. (2019). Pengaruh Pemberian Soal Matematika Jenis Open-Ended Problems Terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Program Linier. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2), 132. https://doi.org/10.33394/j-ps.v7i2.1910
Novitasari, N., & Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137–147. https://doi.org/10.31000/PRIMA.V2I2.461
Rahman, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TAPPS Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa kelas V SDN di Kecamatan Kalitidu Bojonegoro. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2–7. http://doi.org/10.25273/jipm.v2i1.485
Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9629
Razak, F., Sutrisno, A. B., & Kamaruddin, R. (2018). Deskripsi Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Langkah Polya ditinjau dari Kepribadian Siswa Tipe Melankolis. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 86. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1047
Ridwan, Muhamad. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika kalamatika.193-206. : https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp193-206
Sariningsih. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM, 1(2), 163–177. Retrieved from http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JDK/article/view/3189/2737
Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679
Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Strategic Review. (2011). Rethinking Indonesia’s educational paradigm: learning from the world. Artikel.Diambil pada tanggal 26 Mei 2012, dari http://www.sr-indonesia.com/thismonths- issue/global-perspectives/206-rethinking-indonesias-educationalparadigm-learning-from-the-world.
Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Walport, M., Goodfellow, J., McLoughlin, F., Post, M., Sjøvoll, J., Taylor, M., & Waboso,. (2010). Science and Mathematics Secondary Education for The 21st Century: Report. . London: Department for Business, p.188.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v8i1.2683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Wangsit Rigusti, Heni Pujiastuti, Anwar Mutaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.