Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. (2010). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah & Zein. (2012). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dinandar. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMK Dharma Karya Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Diperoleh dari: https://www.google.com/url?sa=t&rct= j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=2ahUKEwiTmp_ao8jfAhVLKY8KHdaKAm0QFjAAegQIBBAC&url=http%3A%2F%2Frepository.uinjkt.ac.id%2Fdspace%2Fbitstream%2F123456789%2F24810%2F1%2FDinandar.pdf&usg=AOvVaw1FOG6dkpRzIz3wcvsWdk9c
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2011). How to design and evaluate research in education. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Hastuti. (2015) Penerapan model problem based learning (PBL) berbasis scientific approach untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelasX Di SMA Negeri 2 Banguntapan T.A. 2014/2015.
Liliasari. (2013). Berpikir kompleks dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.
Muhali. (2014). Meningkatkan hasil belajar dan kesadaran metakognitif siswa dalam pembelajaran kimia melalui penerapan model problem based learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional FPMIPA IKIP Mataram (pp. 329-336). Mataram: FPMIPA IKIP Mataram.
Heswandi, Muhali, & Raehanah. (2015). Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen”, 3(1), 221-227.
Sukaisih, R., dan Muhali. (2014). Meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran problem solving. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA “Prisma Sains”, 2(1), 71-82.
Sugiyono. (2007). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i1.1153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Baiq Mirawati, Rini Meilani, Hunaepi Hunaepi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.