IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 22 MATARAM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2014. Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Djamarah S. B. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hapsoro, C. A. dan Susanto, A. 2011. Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Cahaya di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol¬ume 7 Tahun 2011: 28-32. Diakses tanggal 5 Desember 2014.
Hikmawati. 2014. Strategi Pembelajaran Fisika. Mataram: FKIP Press.
Hikmawati dan Gunada, I.W. 2014. Kajian Fisika SMA. Mataram: FKIP Press.
Kharida, L.A., Rusilowati, A. dan Pratiknyo, K. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol¬ume 5 Tahun 2009: 83-89. Diakses tanggal 10 Oktober 2014.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sambudi, A. dan Mosik. 2009. Penggunaan Alat Peraga Papan Optik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemantulan Cahaya Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol¬ume 5 Tahun 2009: 31-36. Diakses tanggal 3 Oktober 2014.
Sudjana, N. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suprijono, A. 2013. Cooperataive Learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, A. 2013. Cooperataive Learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Uno, H. B., Koni, S., dan Lamatenggo, N. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i1.1075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Baiq Ewik Jiniarti, Hairunnisyah Sahidu, Ni Nyoman Sri Putu Verawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.