MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES TENTANG SERVIS PERMAINAN BOLA VOLLY DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEKANI 3

Muhasyim Muhasyim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengingkatkan hasil belajar siswa dengan menggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen; 2) Untuk mengingkatkan aktifitas belajar siswa tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jekani 3 Mondokan Sragen. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jekani 3 Mondokan Sragen dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan dan guru. Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini berupa hasil belajar tentang volly sebelum dan setelah menggunakan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dan data yang digunakan proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran drill dan bermain. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Indikator penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa mencapai lebih dari 85% dan meningkatkan hasil belajar dari tidak tuntas menjadi tuntas yaitu rata-rata hasil belajar penjaskes minimal telah mencapai lebih dari 75. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) hasil observasi terhadap aktivitas pembelajaran terlihat bahwa siswa menjadi aktif dan tidak cepat jenuh dalam pembelajaran. Persentase peningkatan aktivitas pembelajaran pada siklus 1 mencapai 72%, siklus 2 mencapai 89%, sementara skor harapan adalah aktivitas pembelajaran adalah 85%. Ini berarti target aktivitas pembelajaran sudah tercapai; 2) hasil evaluasi pada siklus 1 kemampuan passing atas siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal yaitu: pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai 75 baru 4 siswa (25%) dan pada siklus 1 meningkat menjadi 8 siswa (50%), kemudian pada siklus 2, meningkat menjadi 15 siswa yang mencapai nilai 75 bahkan lebih. Ini berarti target 85. dari jumlah siswa mencapai KKM dengan nilai 75 sudah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar penjaskes tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen.


Kata Kunci : Penjaskes, Pembelajaran Drill, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aif Syarifuddin dan Muhadi. 2002. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdiknas.

Alisuf Sabri. 2005. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

Amung Ma’mun dan Toto Subroto, 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Permainan Bola Voli. Jakarta : Dirjen Olahraga.

Anonim. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gagne. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Utama.

M. Yunus. 2002. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung.

Nana Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Pustaka Setia.

PBVSI. 2001. Panduan Olahraga Bola Volly. Solo : Pustaka Utama

Rusli Lutan. 2008. Hakekat dan Karakteristik Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyanto. 2003. Belajar Gerak. Jakarta : KONI Pusat.

Suharno HP. 2009. Dasar-Dasar Permainan Bola Voli. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Suherman dkk, 2003. Model Pembelajaran Cooperatif Learning. Jakarta:Depdiknas.

Yusuf Adisasmita dan Aif Syaifuddin. 2006. Olahraga Pilihan Atletik. Jakarta: Departemen. Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhasyim Muhasyim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.