PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA MA NURUL ISHLAH NW BELEKA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Ani Endriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik sosiodrama terhadap rasa percaya diri siswa kelas VII MA Nurul Ishlah NW Beleka Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah. Adapun jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (Nondesign) atau eksperimen tidak murni, dan salah satu bentuk eksperimennya adalah One- Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa. Siswa MA yang memiliki kepercayaan diri rendah, dan sampel yang digunakan adalah 15 orang siswa yang mengalami masalah setelah dilakukan Pre-test. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu : nilai t hitung sebesar 16,78 dan kemudian dikonsultasikan dengan nilai t dalam tabel dengan db (N-1) = (15-1) = 14 dengan taraf signifikansi 5% =2,144 dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (16,78 > 2,144),) sehingga dapat disimpulkan “ Signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh tekhnik sosiodrama terhadap kepercayaan diri siswa MA Nurul Ishlah NW Beleka Praya Timur Lombok Tengah tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : Tekhnik Sosiodrama, Kepercayaan Diri.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2011. Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung : Yrama Widya

Arikunto, S 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamaroh, S dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Fatimah. Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung : CV. Pustaka Setia

Gufron dan Rini. 2014. Teori-Teori Psikologi. Jakarta : Ar-Ruzz Media

Hafiz Muthoharoh ( https://alhafizh84.wordpress.com/2010/01/16/metode-sosiodrama-dan-bermain-peranan-role-playing-method/. Dia akses Rabu, 17 Januari 2015.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Roestiyah, N.K 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Renika Cipta.

Sanjaya, W. 2006, Strategi Pembelajaran. Jakarta : Surya Kencana

Subini Nini. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta : Mentari Pustaka.

Sugiyono. 2010. Penelitian Kuantatif R & D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ani Endriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been Indexed by:

Jurnal Teknologi Pendidikan

ISSN: 2656-1417 (Online)

ISSN: 2503-0620 (Print)

Published by Program Studi Teknologi Pendidikan, FIPP

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.