PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN KAWASAN TAMAN WISATA ALAM MADAPANGGA DI DESA NDANO KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Riefqi Adhiepattih, Raden Roro Narwastu Dwi Rita

Abstract


Keberadaan hutan sebagai bagian dari sebuah ekosistem yang besar memiliki arti dan peran penting dalam menyangga Sistem kehidupan. Kecamatan Madapangga memiliki daerah-daerah potensi sekali sehingga dijadikan wisata yang berbasis pemandangan alam, wisata spiritual. Salah satu Desa yang memiliki potensi ekowisata yaitu Desa Ndano, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. Namun pemanfaatan sumber daya alam yang ada di desa tersebut belum terealisasi secara optimal jika dibandingkan dengan desa lain yang ada di Kecamatan Madapangga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pengunjung kawasan Taman Wisata Alam Madapangga Desa Ndano, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari proses wawancara kepada pengunjung taman wisata alam Madapangga. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana baik, promosi juga baik, untuk lapangan pekerjaan sangat baik, untuk pelayanan sangat baik demikian juga untuk pengembangan aktivitas ekonomi sangat baik. Menjaga kebersihan sarana dan prasarana, keutuhan kawasan Taman Wisata Alam Madapangga sebagai daerah konservasi dan sebagai sumber mata air. Meningkatkan produk wisata sehingga bisa meningkatkan pengunjung wisatawan lokal dan meningkatkan promosi keberadaan Taman Wisata Alam Madapangga sebagai hutan konservasi dan tetap menjaga kelestariannya.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 1990 Manajemen Penelitian. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta. Asso B. 2007.

Chaplin,J.P.2008. Kamus PsikologiLengkap. Jakarta: PT Raja Grafindo

Depertemen KehutananBerdasarkan Nomor SK P.7/KSDAE- SET Nomor 5 tahun1990 Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem.

Dirjen Pariwisata 1995 Kajian Pengembangan Ekowisata di Kawasan Taman Wisata Alam Sibolangit. Medan. USU-Press.

Fandeli. 2000. Pengusahaan Ekowisata. UGM. Yogyakarta

Gunawan. 2008. Agenda 21 Sektoral :Agenda Pariwisa ta untuk Pengembangan Kualitas Hidup Secara Berkelanjutan. UNDP-Kantor Menteri Negara LingkunganHidup. Jakarta

Hardjasoemantri 1985 Masyarakat Yang Tinggal Disekitar Hutan Pustaka Setia. Bandung (Online) http://www.id.com/pengertianmasyarakat.com. Diaskes 4 Maret 2015.

Hadi, 1997 .Persepsi Adalah Pengetahuan Lingkungan Yang Diperoleh Melalui Data Indera (Onlaine) http://www.id.com/pengertian dan faktor-yang-mempengaruhi persepsi.com. (Diaskes 25 Maret 2015).

Kartono Gulo 1987 Persepsi Adalah Pengetahuan Lingkungan Yang DiperolehMelalui Data Indera (Onlaine) http://www.id.com/ pengertian dan faktor-yang-mempengaruhi persepsi. com. (Diaskes 4 Maret 2015).

Nugraha Natutujo 2015 Masyarakata Adalah Suatu Kehidupan Ummat Manusia (Online)http:// www.id.shvoog.com/ pengertian masyarakat (Diaskes 30April 2002).

Rahmat 2015 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat. Universitas Sumatera Utara

Robins, Thoha. 2007. Pengantar Psikologi Umum Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.33394/jss.v5i2.7148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riefqi Adhiepattih, Raden Roro Narwastu Dwi Rita