POTENSI DAN PEMANFAATAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU KEMIRI (Aleurites moluccana) DIKAWASAN BKPH TAMBORA KABUPATEN BIMA

Abdul Sahid, Yulia Ratnaningsih

Abstract


Penelitian ini berjudul “Potensi Dan Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu ( HHBK) Kemiri (Aleurites moluccana) Dikawasan BKPH Tambora Kabupaten Bima” Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel Potensi dan Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu Kemiri danpen dapatan masyarakat dikawasan BKPH Tambora Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan Kuisioner. Responden dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang memanfaatkan hasil hutan bukan kayu berupa Kemiri di seputaran BKPH Tambora.Adapun variable yang di analisis yakni potensi hasil hutan bukan kayu (kemiri) dan pendapatan masyarakat. Analisis Data yang diperoleh ditabulasikan dan dianalisis secara deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai bentuk pemanfaatan kemiri, pendapatan masyarakat dan analisis pemasaran di lokasi tempat dilaksanakan penelitian. Hasil analisis menunjukkan Masyarakat disekitar BKPH Tambora menganggap kemiri selain dari mata pecarian mereka, kemiri juga dimanfaatkan. Kemiri juga dikenal sebagai candlenut karena fungsinya sebagai bahan penerangan. Kegunaan kemiri sangat beragam. Bagian tanaman kemiri dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia. Batang, daunnya dapat digunakan sebagai obat tradisonal, tempurung bijinya digunakan untuk obat nyamuk bakar dan arang, sedangkan bijinya digunakan sebagai minyak rambut, bumbu masak, dan juga penghasil minyak.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan danTata Lingkungan. (2015), ‘Statistik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2015’. Pusat Data dan Informasi Kementerian Lingkungan Hidupdan Kehutanan, Jakarta

FAO. (1997) ‘The Plant Kingdom’. New York: Food and Agriculture Organization.

Harini, M., Zuhud, Sangat, E. A. M., Damayanti, Ellyn, K. (2000),Kamus Penyakit dan Tumbuhan Obat Indonesia (Etnofitomedika I)Yayasan Obor Indonesiam, Jakarta,115,172.

Heyne, K. (1987),’Tumbuhan Berguna Indonesia’, Volume II, Yayasan Sarana Wana Jaya : Diedarkan oleh Koperasi Karyawan, Badan Litbang Kehutanan, Jakarta

Julaiha,S. (2003) ‘Pengaruh Fraksin PE Eksrak Etanilik Biji Kemiri (aleurites moluccana,(L.) Willd terhadap Kecepatan Pertumbuhan Rambut Kelinci jantan dan Uji Kualitas Kandungan Asam Lemak dan Storelnya’, skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Gadja Mada,Yogyakarta.

Ketaren, S. (1986) ‘Minyak dan Lemak Pangan’, edisi 1, Penerbit Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta.

Paimin, F. R. (1997) ‘Kemiri Budidaya dan Prospek Bisnis’. Penebar Swadaya. Jakarta

Sunanto, H. (1994) ‘Budidaya Kemiri Ekspor’. Kanisius.Yogyakarta.

Suryanti, I. (1994) ‘Pengaruh Perlakuan Fisik terhadap Kekuatan Tekanan Tempurung Biji Kemiri’ Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Pertanian.

Undang - Undang No.41 tahun 1999 tentang kehutanan. Departemen Kehutanan.

Wangiyana I G. A. S. dan Wanitaningsih, S. K. (2108) ‘Pkm kelompok pembibit gaharu desa kekait puncang untuk meningkatkan efisiensi produksi bibit’, Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3 (2), pp. 48 – 53

Wangiyana, I G. A. S. (2016) ‘Phylogenetic Analysis of Aquilaria and Gyrinops Member Based on Trnl-Trnf Gene Sequence of Chloroplast’, Jurnal Sangkareang Mataram, 2 (4), pp. 41 – 46

Wangiyana, I G. A. S. dan Putri, D. S. (2019) ‘Aplikasi Zat Pengatur Tumbuh dan Kegiatan Pruning Dalam Optimalisasi Budidaya Gaharu Di Desa Duman Kecamatan Lingsar Lombok Barat’, Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4 (2), pp. 36 – 42.

Wangiyana, I G. A. S., Wanitaningsih, S. K., Sanjaya, A. (2018) ‘Bioinduksi Gyrinops versteegii Menggunakan Inokulan Berbahan Baku Medium Tauge dengan Berbagai Kedalaman Pengeboran. In: Seminar Nasional Implementasi Iptek Pertanian Berkelanjutan yang Tangguh Menuju Kedaulatan Pangan. Mataram, Universitas Mataram, 27 Januari 2018.

Wangiyana, I. G. A. S., Wanitaningsih, S. K., Anggadhania, L. (2020) ‘Pelatihan teknologi bio-induksi untuk petani gaharu di Desa Pejaring, Kabupaten Lombok Timur’, Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), pp. 36–44.




DOI: https://doi.org/10.33394/jss.v4i1.3974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Sahid, Yulia Ratnaningsih