KEANEKARGAMAN SPESIES BURUNG DI KAWASAN HUTAN TAMAN WISATA KARANDANGAN

Apolonius Kartono, Muhamad Soimin, Irna Ningsi Amalia Rachman

Abstract


Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang memiliki kenaaekaragaman spesies burung yang tinggi. Salah satu wiayah yang menjadi habitat utamanya dan membutuhkan eksplorasi lebih lanjut terletak di wilayah hutan taman wisata alam Kerandangan.  Penelitian eksploratif dilakukan untuk mengobservasi dan mengientifikasi spesies burung yang berada di sekitar hutan taman wisata. Observasi lapangan dilakukan pada bulan Desember 2019 dengan metode transek garis dengan menetapkan 3 transek. Hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat 16 spesies burung yaitu: Galus-galus, Hypothymis azuera, Dicaeum mauaei, Collocalia linchi, Columba vitiensis, Zoterops chloris, Cinnyris iugualaris, Pitta elegans, Centropus bengalensis, Todiramphus chloris, Philemon buceroides, Alcedo ceorulescens, Artamus leucorynchus, Orthotomus epium, Meaapodius reinwardt dan Ducuela arnea. Spesies yang paling mendominasi adalah Walet Linci (Collocalia linchi) dengan nilai dominansi 0,27 dan dijumpai sepanjang observasi sebanayk 37 ekor. Tingkat keanekaragaman burung berkategori sedang, artinya bahwa keberadaan hutan taman wisata Kerandangan sebagai habitat burung masih dapat dikatakan baik. Hasil penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai acuan dalam merancang strategi konservasi dengan memperhatikan jenis vegetasi karena berkaitan dengan pakan ketersediaan pakan.

Full Text:

PDF

References


Alikodra, H. S. 2002. Pengelolaan Satwa Liar.Jilid I. Fakultas IPB. Bogor.

Arumasari. 1989. The Book of Bird Life. Van Nostrand Company Inc. New York.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat (BKSDA NTB) 2018.

Desmawati, I. 2010. Studi Distribusi Jenis-Jenis Burung Dilindungi Perundang-undangan.

Dewi, R. S. Yeni M. dan Yanto S. 2007. Keanekaragaman Beberapa Jenis Burung di Beberapa Tipe Taman Nasional Gunung Ciremai. Media Konservasi, 114-118.

Eugene, P. Odum. 1983. Fundamental of Ecology.

Hery Kusumanegara et al. 2018.“Bururng-burung Taman Nasional Bali Barat”.

Indrawan, M., Primack, R.B., & Suptriana, J. (2012). Biologi Konservasi. Jakarta: yaysan pustaka obor indonesia.

Primack, J.B., J. Supriatna, M. Indriawan & P. Kramadibrata. 1998. Biologi Konservasi Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Prasetyo, DK. 2002. Studi Habitat Sekitar Sarang Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) Di Kawasan Cibolau Taman Nasional Gede-Pangrango Jawa Barat. Jurusan Biologi FMIPA UNDIP. Semarang.

Saleh, Amin. 2018. “Koakiau dan Beberapa Burung Penting di Nusa Tenggara Barat”.




DOI: https://doi.org/10.33394/jss.v3i1.3686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Apolonius Kartono, Muhamad Soimin, Irna Ningsi Amalia Rachman