IDENTIFIKASI JENIS ANGGREK (Orcidaceae) DI KEBUN RAYA LEMOR DESA SUELA KECAMATAN SUELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Moh. Januar Rinaldi, Raden Roro Narwastu Dwi Rita

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui jenis-jenis anggrek endemik lombok dan yang bukan endemik yang terdapat di blok koleksi taman anggrek kebun raya lemor Desa suela Kecamatan suela. Kabupaten Lombok  Timur.2, Untuk Mengetahui jenis Anggrek berdasarkan Habitatnya yang ada di kebun raya lemor 3.  Mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang menjadi penopang setiap jenis anggrek yang terdapat di blok koleksi taman anggrek kebun raya lemor.Desa suela Kecamatan suela.KabupatenLombok Timur. . Metodologi Penelitian Penelitian yang dilakukan yakni penelitian dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif, Terdapat 2 jenis Anggrek yang merupakan endemik Lombok yaitu vanda lombokensis dan Dendrobium rinjaniense. Sedangkan yang teridentifikasi hanya vanda lombokensis.ciri khas bunga anggrek endemik lombok ini terdapat pada warna dasar kelopak bunga, yakni putih dan kuning serta totolnya yang khas dengan warna cokelat dan merah..dan terdapat pula anggrek bukan endemik Lombok yang teridentifikasi sebanyak 58 jenis. Jenis Anggrek berdasarkan Habitatnya di temukan yaitu epipit, terrestrial jumlah jenis epipit sendiri sebanyak 38 jenis dan jumlah terrestrial 22 jenis. Dan di temukan ada 6 penopang untuk anngrek yaitu Mangga,jambu batu,rambutan,jabon ,kamboja,jeruk.


Full Text:

PDF

References


Albarkhati K. 2016. Kondisi Populasi Penyebaran Anggrek Eria spp. di Resort Balik Bukit Taman Bukit Barisan Selatan. Skripsi: Universitas Lampung. Lampung. 55 hlm.

Ambarwati, 2019. Identifikasi Jenis Anggrek Pada Bol Koleksi Tumbuhan dan/Atau Satwa Tanaman Hutan Raya Wan Abdul Rachman. Fakultas Pertanian Universitas Bandar lampung.

Anynomous 2019, Data Koleksi Anggrek Kebun Raya Lemor, Proyeksi BPS Kab.Lombok Timur.

Anonymous, 2019. Anggrek Merupakan Salah Satu Jenis Tanaman Nasional Gunung Rinjani, Taman Nasional Gunung Rinjani. https/face book.com Posts. Taman Nasional Gunung Rinjani ( diakses tgl 20 Agustus 2020)

Heriswanto, K., 2009. Berkibarlah Anggrek Indonesia. BBI Dins Kelautan dan Pertanian Propinsi DKI Jakarta: Jakarta

Kartohadiprodjo, 2009. Asyiknya Memelihara Anggrek. Jakarta. PT. Gramedia Pusat Utama

Latief, S.M,. 1960., Bunga Anggrek Permata Belantara Indonesia. PT Sumur, Bandung.

Musa, F.F., Syamsuardi, dan Arbain, A. 2013. Keanekaragaman jenis orchidaceae di kawasan hutan lindung gunung talang sumatera barat. Jurnal Biologi Universitas Andalas. 2(2):153–160.




DOI: https://doi.org/10.33394/jss.v3i1.3685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Moh. Januar Rinaldi, Raden Roro Narwastu Dwi Rita