ANALISIS RESPON PENGUNJUNG TERHADAP FASILITAS OBJEK WISATA ALAM DANAU RANA MESE DI DESA GOLO LONI MANGGARAI TIMUR

Theofilus Gildan, Wahyu Yuniati Nizar

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk megetahui respon atau tanggapan pengunjung terhadap fasilitas objek wisata alam Danau Rana Mese. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah  non probabillity sampling. Sampel yang diambil sebanyak 55 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan studi literatur, kusioner (angket) dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik yaitu menggunakan frekuensi, modus dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar responden memberikan penilaian atau tanggapan yang baik terhadap kondisi dari fasilitas dan atribut-atribut yang ditawarkan oleh pihak pengelolah objek wisata, hal ini berarti bawah respon pengunjung terhadap fasilitas objek wisata alam Danau Rana Mese dapat dikatakan baik atau positif karena pengunjung merasa puas dengan kondisi fasilitas wisata, namun masih terdapat beberapa responden atau pengunjung yang memberikan penilaian/tanggapan yang kurang baik artinya belum memenuhi keinginan pengunjung atau pengunjung belum merasa puas seperti, tempat peristirahatan, layanan internet, alat tranportasi umum, tempat belanja/ruko dan tempat hiburan yang ada di objek wisata alam Danau Rana Mese.

Full Text:

PDF

References


Anonim. Undang Undang tentang

Kepariwisataan, UU No. 9 Tahun

Jakarta: Menteri Sekretaris Negara.

Anonim.2012. Potensi Wisata Kabupaten

Tanggamus.Brosur.Dinas Kebudayaan

Pariwisata Pemuda Dan Olahraga

Kabupaten Tanggamus:

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi

penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Damardjati, R. 2001. Istilah-istilah Dunia

Pariwisata. Edisi Revisi, Cetakan Keenam,

Pradnya Paramita, Jakarta.

Faulkner, B. 1997. Perkembangan pariwisata di

Indonesia: Perspektif Gambaran Besar.

Didalam Myra P. Gunan, Editian. Perencanaan Pariwisata. Prosiding

Pelatian dan Lokakarya. Penerbit: ITB

Bandung.

Ihsani, D.W. 2005. Analisis Kepuasan

Konsumen Terhadap Atribut Wisata

Cangkuang Garut, Jawa Barat. Skripsin

Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi

Pertanian, Fakultas Pertanian IPB Bogor.

James, J. Spillane. 1994. Pariwisata Indonesia

dan Perkembangannya. Yogyakarta:

Kanisius.

Pendit, Nyoman S. 2002. Ilmu Pariwisata

Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta:

Pradnya Paramita.

Rahardjo, T.S. 2000. Konsep Dasar

Pengembangan Wisata Alam di Zona

Pemanfaatan Taman Nasioanal Bali Barat.

Lokakarya Pengembangan Ecotourism di

Taman Nasional Bogor. Direktorat

PWAHK.

Reksohadiprodjo, s., brodjonegoro. 2000.

Ekonomi Lingkungan. BPFE Yokyakarta.

Edisi kedua. Yokyakarta.

Soekidjo Notoatmodjo. 2003. Metodologi

Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka

Cipta

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian kuantitatife,

Kualitatife, dan R & D. Bandung:

ALFABETA.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan

ke-17. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:

Alfabeta.CV

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian

Administrasi. Bandung : Alfabeta

Sujali, 1989. Geografis Pariwisata dan

Kepariwisataan. Fakultas Geografi UGM

Yogyakarta.

Yoeti, Oka, A,. 1996. Pengantar Ilmu

Pariwisata. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.33394/jss.v2i2.3664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Theofilus Gildan, Wahyu Yuniati Nizar