Workshop Pembuatan Poster Melalui Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Digital bagi Peserta Didik Sekolah Menengah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektifitas penggunaan media digital dalam proses belajar mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76-87.
Banggur, M.D.V. (2020). Blended learning: solusi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 22-29.
Efwinda, S., Damayanti, P., Rananda, N., Puspita, I., Zahra, A. P., & Darusman. (2022). Pelatihan pembuatan poster digital tema pemanasan global untuk siswa SMP di Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1132-1140.
Harmawan, Y.S., & Lodra, I.Y. (2022). Pembelajaran menggambar poster digital dengan aplikasi Canva di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 10(2), 17-28.
Hendra., Afriyadi, H., Tanwir., Hayati, N., Supardi., Laila, S.N., Prakasa, Y.F., Hasibuan, R.P.A., & Asyhar, A.D.A. (2023). Media pembelajaran berbasis digital. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito., Samala, A.D., Riyanda, A.R., & Adi, N.H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam Kembangangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S.D., Pratiwi, H.Y., & Ayu, H.D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39-53.
Kamila, J.T., Nurnazhiifa, K., Sati, L., & Setiawati, R. (2022). Pengembangan guru dalam menghadapi tantangan kebijakan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10013-10018.
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. Jurnal Sundermann, 1(1), 28-43.
Mahmudah, F.N., & Putra, E.C.S. (2021). Tinjauan Pustaka sistematis manajemen pendidikan: kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43-53.
Mawarsari, N., & Wardani, K.W. (2022) Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan numerasi pada kurikulum Merdeka peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5461-5465.
Mujiburrahman., Suhardi, M., & Hajidah, S.N. (2022). Implementasi model pembelajaran project base learning di era kurikulum merdeka. Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91-99.
Nufadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S.W., & Jamirullah, R.F. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “Perubahan wujud zat benda” kelas V di SDN Sarakan II Tangerang. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117-134.
Pradana, T.G., Putra, A., Kurniawan, M.A., & Wicaksono, A. (2022). Penyusunan media poster dalam pembelajaran biologi: mikroorganisme lokal (MOL) pada tanaman jagung sebagai bioaktivator pakan ternak. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(2), 91-100.
Priatmoko, S. (2018). Memperkuat eksistensi pendidikan islam di era 4.0. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221-239.
Purba, Y.A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334.
Putri, C.F., & Saputra, E.R. (2022). Penggunaan media poster dalam pembelajaran PPKn di kelas tinggi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 127-131.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y.S., Hernawan, A.H., & Prihantini. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7174-7187.
Rambe, R.N., Lubis, A.A., Suaimah, N., & Siregar, P.S. (2023). Aplikasi Canva sebagai media ajar poster pada siswa SMP menggunakan metode systematic literature review. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 197-211.
Safitri, Y., Hidayati, I., & Eltias, Y. (2023). Penerapan media pembelajaran berbasis Canva dalam pokok bahasan perubahan materi pada kurikulum merdeka di kelas X SMA Abdurrab Pekanbaru. Journal of Chemistry Education and Integration, 2(2), 81-87.
Sucipto, M.A.B., & Samidi, R. (2022). Pelatihan menulis poster pendidikan berbasis aplikasi Canva di era new normal bagi guru pendidikan usia dini (PAUD) se-Kota Tegal. Amma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 429-431.
Umam, K., Harjito., & Egar, N. (2021). Pengembangan bahan ajar menulis poster dengan model pembelajaran problem based learning pada siswa MTS di Jepara. Teks: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 53-66.
Zakso, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 916-922.
DOI: https://doi.org/10.33394/jpu.v6i1.10314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian UNDIKMA
ISSN: 2722-5097 (Online)
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.