Workshop Pembuatan Poster Melalui Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Digital bagi Peserta Didik Sekolah Menengah

Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Yuliati Indrayani, Kiki Prio Utomo, Ayong Hiendro, Muhammad Irfani Hendri

Abstract


This community service aims to optimize creative potential and improve students' skills in making posters using the Canva application as a digital learning medium in the classroom. The method for implementing this service used workshops and socialization with participants, namely grade 8 students at SMPN 3 Sungai Kakap, Kubu Raya Regency, West Kalimantan. The instrument used at the evaluation stage was an assessment sheet consisting of four criteria and analyzed descriptively. The result of this service activity was an increase in students' understanding and skills in operating the Canva application to create learning posters. This is proven by the poster design made by the students which is good and attractive.

Keywords


Workshop; Poster; Canva; Learning Media.

Full Text:

PDF

References


Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektifitas penggunaan media digital dalam proses belajar mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76-87.

Banggur, M.D.V. (2020). Blended learning: solusi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 22-29.

Efwinda, S., Damayanti, P., Rananda, N., Puspita, I., Zahra, A. P., & Darusman. (2022). Pelatihan pembuatan poster digital tema pemanasan global untuk siswa SMP di Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1132-1140.

Harmawan, Y.S., & Lodra, I.Y. (2022). Pembelajaran menggambar poster digital dengan aplikasi Canva di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 10(2), 17-28.

Hendra., Afriyadi, H., Tanwir., Hayati, N., Supardi., Laila, S.N., Prakasa, Y.F., Hasibuan, R.P.A., & Asyhar, A.D.A. (2023). Media pembelajaran berbasis digital. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito., Samala, A.D., Riyanda, A.R., & Adi, N.H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam Kembangangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S.D., Pratiwi, H.Y., & Ayu, H.D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39-53.

Kamila, J.T., Nurnazhiifa, K., Sati, L., & Setiawati, R. (2022). Pengembangan guru dalam menghadapi tantangan kebijakan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10013-10018.

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. Jurnal Sundermann, 1(1), 28-43.

Mahmudah, F.N., & Putra, E.C.S. (2021). Tinjauan Pustaka sistematis manajemen pendidikan: kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43-53.

Mawarsari, N., & Wardani, K.W. (2022) Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan numerasi pada kurikulum Merdeka peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5461-5465.

Mujiburrahman., Suhardi, M., & Hajidah, S.N. (2022). Implementasi model pembelajaran project base learning di era kurikulum merdeka. Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91-99.

Nufadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S.W., & Jamirullah, R.F. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “Perubahan wujud zat benda” kelas V di SDN Sarakan II Tangerang. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117-134.

Pradana, T.G., Putra, A., Kurniawan, M.A., & Wicaksono, A. (2022). Penyusunan media poster dalam pembelajaran biologi: mikroorganisme lokal (MOL) pada tanaman jagung sebagai bioaktivator pakan ternak. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(2), 91-100.

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat eksistensi pendidikan islam di era 4.0. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221-239.

Purba, Y.A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334.

Putri, C.F., & Saputra, E.R. (2022). Penggunaan media poster dalam pembelajaran PPKn di kelas tinggi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 127-131.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y.S., Hernawan, A.H., & Prihantini. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7174-7187.

Rambe, R.N., Lubis, A.A., Suaimah, N., & Siregar, P.S. (2023). Aplikasi Canva sebagai media ajar poster pada siswa SMP menggunakan metode systematic literature review. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 197-211.

Safitri, Y., Hidayati, I., & Eltias, Y. (2023). Penerapan media pembelajaran berbasis Canva dalam pokok bahasan perubahan materi pada kurikulum merdeka di kelas X SMA Abdurrab Pekanbaru. Journal of Chemistry Education and Integration, 2(2), 81-87.

Sucipto, M.A.B., & Samidi, R. (2022). Pelatihan menulis poster pendidikan berbasis aplikasi Canva di era new normal bagi guru pendidikan usia dini (PAUD) se-Kota Tegal. Amma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 429-431.

Umam, K., Harjito., & Egar, N. (2021). Pengembangan bahan ajar menulis poster dengan model pembelajaran problem based learning pada siswa MTS di Jepara. Teks: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 53-66.

Zakso, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 916-922.




DOI: https://doi.org/10.33394/jpu.v6i1.10314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pengabdian UNDIKMA

ISSN: 2722-5097 (Online)

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.