https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/issue/feedJurnal Ilmiah IKIP Mataram2024-02-24T03:29:53+00:00Taufik Samsuritaufiksamsuri@ikipmataram.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Ilmiah IKIP Mataram was published by the Center for Science and Mathematics Education (PKPSM) IKIP Mataram, containing scientific articles in the form of research and theoretical studies in Indonesian and English from academics and practitioners. Published every 6 months, including studies in the fields of Natural, Social and Applied Sciences.</p><table border="0"><tbody><tr><td>Journal Name</td><td> </td><td>Jurnal Ilmiah IKIP Mataram</td></tr><tr><td>Initials</td><td> </td><td>JIIM</td></tr><tr><td>Abbreviation</td><td> </td><td>Jurnal. Ilmiah. IKIP Mataram</td></tr><tr><td>Frequency</td><td> </td><td>2 issues per year (March and September)</td></tr><tr><td>DOI</td><td> </td><td>prefix. 10.33394</td></tr><tr><td>Print ISSN</td><td> </td><td>2355-6358</td></tr><tr><td>Online ISSN</td><td> </td><td>2774-938X</td></tr><tr><td>Editor-in-Chief</td><td> </td><td>Taufik Samsuri</td></tr><tr><td>Managing Editor</td><td> </td><td>Irham Azmi</td></tr><tr><td>Publisher</td><td> </td><td>Universitas Pendidikan Mandalika</td></tr><tr><td>Citation Analysis</td><td> </td><td><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=hnFEzGoAAAAJ&hl=en&authuser=2">Google Scholar</a></td></tr></tbody></table>https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/7662Review Literatur Tentang Persepsi Teori Konstruktivisme Dalam Keterampilan Proses Sains2024-01-14T11:36:49+00:00Yanto Yantoyantosumbawa7@gmail.comM. Minan Chusniyantosumbawa7@gmail.comEnda Kurnia Yuningsihyantosumbawa7@gmail.com<p>Bidang pendidikan memiliki tugas yang lebih luas daripada sekadar mentransfer ilmu dan teknologi. Selain itu, pendidikan juga bertanggung jawab untuk mengenalkan nilai-nilai baru yang dibutuhkan oleh perkembangan ilmu dan teknologi kepada para siswa, tetapi dalam kerangka nilai-nilai dasar yang telah disetujui oleh bangsa Indonesia. Tujuan dari kepenulisan ini adalah untuk melihat bagaimana persepsi teori konstruktivisme terhadap keterampilan proses sains. Metode yang digunakan dalam kepenulisan ini adalah Studi Pustaka, dengan mengumpulkan berbagi tulisan ilmia lalu mengolahnya sehingga mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini teori kosntruktivisme sangat berpengaruh besar terhadap kemampuan siswa sehingga siswa memiliki kebebasan dalam pembelajaran, dan pembelajaran sains juga meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan membantu siswa memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang harus dilakukan secara konsisten. Kesimpulan dari kepenulisan ini adalah teori konstruktivisme sangat berpengaruh terhadap pembelajaran siswa terutama dalam proses keterampilan proses sains karena sangat mengintegrasikan keterlibatan siswa dan proses pembelajaran menjadi focus paling utama dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat mendapatkan pemahan yang kuat.</p><p><strong><em>Abstract</em></strong><em></em></p><p><em>The field of education has broader tasks than simply transferring knowledge and technology. In addition, education is also responsible for introducing new values required by the development of science and technology to students, but within the framework of the basic values that have been approved by the Indonesian nation. The purpose of this writing is to see how constructivism theory perceives science process skills. The method used in this writing is Library Studies, by collecting various scientific writings and then processing them so that conclusions can be drawn. The results of this study the theory of constructivism greatly influences students' abilities so that students have freedom in learning, and science learning also increases active student involvement and helps students understand the principles of learning that must be done consistently. The conclusion of this writing is that constructivism theory has a great influence on student learning, especially in the process of science process skills because it really integrates student involvement and the learning process becomes the main focus in learning, so that students can gain a strong understanding.</em></p>2023-09-02T05:26:29+00:00Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9055Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Geoenzo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Geometri2024-01-14T11:36:50+00:00Ria Wulandariryawulandari.00@gmail.comNeny Endriananeny.endriana@gamil.comAhmad Rasidiryawulandari.00@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan media geoenzo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi limas semester 2 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas hamzanwadi tahun Akademik 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu<em> </em>dengan desain penelitian <em>One-Shot Case Study.</em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah mahasiswa semester 2. Teknik pengambilan sampel mengunakan <em>sampling purposive, </em>sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji t-tes satu sampel. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa t<sub>hitung </sub>> t<sub>tabel </sub>(3.124 > 2.069) untuk instrumen tes pada taraf signifikansi 5%, yang berarti H<sub>0 </sub>tidak diterima dan H<sub>a</sub> diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan media geoenzo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi limas matakuliah geometri semester 2 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi tahun Akademik 2022/2023.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9121Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Berbasis E-Learning2024-01-14T11:36:50+00:00I Wayan Sudasudawayan8315@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kebijakan terkait dengan pembelajaran jarak jauh selama masa darurat Covid-19, 2) Ragam inovasi pembelajaran yang diterapkan guru Pendidikan Agama Hindu, 3) hambatan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Hindu selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilaksanakan di Satuan Pendidikan SD Negeri 2 Seraya Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan model studi deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan yang diterapkan di Satuan Pendidikan SD Negeri 2 Seraya Timur selama masa darurat pandemic Covid-19 adalah tetap melaksanakan pembelajaran namun dilaksanakan dengan system jarak jauh berbasis daring (dalam jaringan). Kebijakan ini selalu diterapkan dengan mengikuti aturan pemerintah. Ragam inovasi pembelajaran yang diterapkan antara lain 1) inovasi pada kegiatan intrakurikuler seperti penyajian pembelajaran dengan multimedia. Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu yang menekankan moto “friendly”. Diskusi dan penugasan berbasis online. Penerapan metode berbasis proyek, evaluasi pembelajaran berbasis kegiatan. 2) inovasi pada kegiatan ekstrakurikuler seperti rutinitas membaca dan mengimplementasikan mantram maupun ajaran dalam kitab suci Weda. Adapun hambatan yang dihadapi adalah 1) kesalahan mindset, 2) minimnya kompetensi, 3) ketidaksiapan guru dan siswa dalam menghadapi pembelajaran E-Learning.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9137Penerapan Model Pembelajaran Direct Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Blahbatuh Semester I Tahun Pelajaran 2019/20202024-01-14T11:36:50+00:00Ni Nyoman Sri Adnyanisrix2009@gmail.com<p>Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Blahbatuh pada Kelas VI Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model <em>Direct Learning </em>dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar yang dilaksanakan saat berlangsungnya proses pembelajaran. Untuk memaknai data hasil penelitian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, modus, median dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model <em>Direct Learning </em>dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Agama Hindu. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya rata-rata 69,12, dengan prosentase ketuntasan belajar 35,29%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi rata-rata 74,41, dengan ketuntasan belajar 64,71%. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata 80,59, dan ketuntasan belajar mencapai 94,12%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian ini adalah Model <em>Direct Learning </em>dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu siswa kelas VI SD Negeri 1 Blahbatuh.</p>Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9144Literatur Review: Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika2024-01-14T11:36:50+00:00Muh. Ilham Dhanihamdhani9255@gmail.comWardani Rahayuhamdhani9255@gmail.comTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bermakna dalam pembelajaran matematika serta menganalisis keunggulan dan kelemahan dari model CTL itu sendiri pada tingkat satuan pendidikan seperti sekolah SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi. Metode untuk mengkaji literatur dilakukan dengan mencari dan mengumpulkan studi pustaka dengan kata kunci “penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika”. Dalam penelusuran artikel terkait, terdapat 23 artikel yang termasuk dalam kriteria inklusi (penerimaan). Model ini menekankan pada pengaplikasian konteks pembelajaran ke dalam dunia nyata (kehidupan sehari- hari) sehingga pelajaran yang diajarkan menjadi lebih bermakna. Selain itu, keunggulan dan kelemahan model pembelajaran CTL ini adalah; 1). <em>Keunggulan;</em> Pembelajaran lebih bermakna, Pembelajaran lebih produktif dan mampu menumbuhkan penguatan konsep, Menumbuhkan keberanian siswa, Menumbuhkan rasa ingin tahu, Menumbuhkan kemampuan dalam bekerjasama, dan Siswa dapat membuat kesimpulan sendiri. 2). Bagi siswa yang tidak dapat mengikuti pembealajaran, tidak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang sama dengan teman lainnya karena siswa tidak mengalami sendiri, Diperlukan waktu yang cukup lama, Guru lebih intensif dalam membimbing, Guru memberikan kesempatan siswa untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide-ide serta mengajak siswa menggunakan strateginya sendiri dalam belajar.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9146Peran Keluarga dan Masyarakat dalam Membentuk Etika Anak Remaja2024-01-14T11:36:50+00:00Ni Putu Murniasihmurniasihputu775@gmail.comEtika anak remaja adalah aspek penting dalam perkembangan pribadi mereka. Keluarga dan masyarakat memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk etika remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran yang dimainkan oleh keluarga dan masyarakat dalam membentuk etika anak remaja. Penelitian ini dilakukan pada seluruh keluarga yang berAgama Hindu di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Populasi penelitian yaitu seluruh umat Hindu yang memiliki anak usia remaja di Kecamatan Tanjung Raya yang berjumlah 90 kepala keluarga. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>random sampling </em>dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden<em>.</em> Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan 30 butir pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dianalisis manggunakan uji korelasi <em>Product Moment</em> dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil analisis data bahwa Kondisi etika anak yang diambil dari hasil penilai oleh anak dan orang tua mengenai etika yaitu anak (2,99 – 3,01) dan orang tua (2,75 – 3), berpengaruh positif antara lingkungan keluarga dengan etika yang dimiliki anak remaja dengan nilai r = 0,85 > 0,25 serta berpengaruh positif antara lingkungan masyarakat dengan etika yang dimiliki anak remaja dengan nilai r = 0,85 > 0,25. Berdasarkan hasil analisi tersebut dapat dinyatakan bahwa dalam rangka membentuk etika anak remaja yang kuat, diperlukan kerja sama antara keluarga dan Masyarakat, dimana orang tua, guru, dan anggota masyarakat harus berperan aktif dalam memberikan contoh yang baik dan memastikan bahwa remaja memiliki akses ke lingkungan yang mendukung perkembangan moral mereka. Dengan demikian, etika anak remaja dapat berkembang secara positif, membantu mereka menjadi individu yang berintegritas dan bertanggung jawab dalam masyarakat.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9148Belajar Tuntas (Mastery Learning) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara Tahun Pelajaran 2022/20232024-01-14T11:36:50+00:00Sindrahati Sindrahatisindrahati@gmail.comPenelitian ini merupakan penelitian <em>classroom action research</em>. Penelitian yang dilakukan berbentuk siklus dengan mengacu pada model spiral Kemmis & Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama Hindu SMA Negeri 2 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara sejumlah 8 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi, karena disusun berdasarkan pada isi teori yang dipakai. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Indikator yang memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran dan mutu proses yang terjadi adalah: (1) antusias menerima pelajaran, (2) konsentrasi dalam belajar, (3) kerja sama dalam kelompok, (4) keaktifan bertanya, (5) ketepatan jawaban, (6) keaktifan menjawab pertanyaan guru atau siswa lainnya, (7) kemampuan memberikan penjelasan<strong>.</strong> Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa; harga rata-rata (<em>mean</em>) data kualitas pembelajaran pada siklus I sebesar 2.616, siklus II sebesar 4.071, atau terjadi peningkatan presentase sebesar 20,79% dari siklus I ke siklus II; standard deviasi pada siklus I sebesar 1.4832, Siklus II sebesar 1.0180 dengan varians pada siklus I sebesar 2.199962, pada siklus II sebesar 1.036281. berdasarkan data tersebut, terlihat bahwa tingkat kualitas pembelajaran dan kemampuan guru dalam metode pembelajaran yang berbeda dari metode pembelajaran yang biasa digunakan dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya mutu proses pembelajaran dan nilai hasil belajar siswa.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9150Brahmacari Asrama Sebagai Dasar Pencapaian Tujuan Hidup Pedoman Kehidupan Generasi Milenial2024-01-14T11:36:50+00:00Gusti Sujarwosanigoestisoedjarwo@gmail.com<p>Dalam ajaran agama Hindu mengenal ajaran tentang tahapan kehidupan yang disebut dengan catur asrama. Dimana tahapan kehidupan dibuat jenjang sedemikian rupa guna mencapai sebuah tujuan yang harmonis. Jika tahapan-tahapan dilalui dengan baik maka kehidupan menjadi lebih tertata dan bermakna. Dalam era modern ini tahapan-tahapan kehidupa mulai bergeser. Tahapan demi tahapan saling tumpang tindih sehingga menimbulkan ketidak harmonisan dalam kehidupan. Banyak terjadi kasus dimana pada saat masa belajar namun sudah dipaksa memasuki jenjang berumahtangga, hal ini tentu akan berakibat pada ketidak siapan baik mental maupun finansial. Jika terjadi demikian maka setiap jenjang akan terganggu dan tujuan akhir dari kehidupan akan sulit terwujud. Untuk meminimalisir kasus-kasus demikian maka tahapan catur asrama yaitu Brahmacari perlu mendapat sorotan khusus. Tahapan pertama harus dijadikan pondasi pokok dan diberikan penguatan-penguatan agar setiap individu siap untuk melangkah ke jenang-jenjang berikutnya sehinga tujuan kebahagian baik jagadhita dan moksa dapat tercapai.</p>Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9179Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Hindu Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sepang2024-01-14T11:36:50+00:00Ceriawati Ceriawaticeriawati8@gmail.com<p>Penelitian<em> </em>ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan serta langkah-langkah pembelajaran yang variatif dan efektif untuk meningkatkan Minat dan Motivasi siswa pada mata pelajaran agama hindu kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sepang dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sepang yang berjumlah 13 siswa, terdiri 9 laki-laki dan 4 perempuan. Instrument yang digunakan adalah test dan format observasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran agama hindu kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sepang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sepang pada siklus I berada pada kualifikasi Cukup (C) dan siklus II berada pada kualifikasi Baik (B) dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble bisa meningkatkan hasil belajar siswa beragama hindu kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sepang. Hal tersebut didasari dari hasil belajar siswa semuanya mencapai kriteria ketuntasan.</p>Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9220Penerapan Metode Demonstrasi Berbantukan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu SD Negeri Biha-1 Tahun 20222024-01-14T11:36:50+00:00Hendri Hendrihendricia7@gmail.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SDN Biha-1 pada Pendidikan Agama Hindu. Salah satu buktinya adalah dengan melihat nilai ulangan tengah semester siswa. Dari 9 siswa yang ada, hanya 4 siswa tuntas dan sisanya tidak tuntas. Hal ini menunjukkan secara klasikal hanya 47,62% siswa tuntas. Ketuntasan klasikal tersebut masing sangat jauh dari yang diharapkan sekolah. Sekolah menetapkan bahwa secara klasikal siswa yang tuntas adalah minimal sebesar 75%. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu melalui penerapan metode demonstrasi berbantuan media audio visual. Subyek penelitian ini adalah SD Negeri Biha-1 Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya yang berjumlah 9 orang terdiri atas 7 orang siswa Laki-laki dan 2 orang siswa Perempuan. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penerapan metode Demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74 sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II adalah 83, daya serap pada siswa siklus I sebesar 74%, dan siklus II sebesar 83%, ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 71 %, dan siklus II sebesar 100 %. Berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh tersebut, menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dari itu guru Pendidikan Agama Hindu diharapkan tetap mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui penerapan metode pembelajaran demonstrasi.</p>Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9221Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu dan Budi Pekerti Menggunakan Model Problem Solving pada Siswa Kelas 5 SD N 3 Sidetapa Tahun Pelajaran 2021/20222024-01-14T11:36:50+00:00Ni Kadek Ayu Wartiniasihkadekayu046@gmail.comLatar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik sebagai proses kegiatan pembelajaran dari penerapan Kurikulum 2013 belum berfungsi dengan maksimal, sehingga menyebabkan rendahnya ketuntasan yang belum mencapai persentase minimal KKM yang ditentukan oleh sekolah. Dipilih model <em>Problem Solving </em>yang berpotensi untuk menerapkan pendekatan saintifik dalam meningkatkan kompetensi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model <em>Problem Solving </em>melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar Agama hindu dan budi pekerti pada siswa kelas 5 SD N 3 Sidetapa Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali petemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD N 3 Sidetapa yang berjumlah 21 siswa dengan karakteristik yang heterogen. Pembelajaran mengacu pada langkah-langkah model <em>Problem Solving </em>yang terdiri atas lima tahapan yaitu mengidentifikasi permasalahan, membatasi permasalahan, menyusun hipotesis, mengumpulkan data, dan menguji hipotesis dengan membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajaAgama hindu dan budi pekerti. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 62,40 dengan persentase ketuntasan 40%. Pada pembelajaran Siklus I dengan menerapkan model <em>Problem Solving</em>, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,80 dengan persentase ketuntasan 50%. Pada pembelajaran siklus II nilai rata-rata siswa 87,15 dengan persentase ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model <em>Problem Solving </em>dapat meningkatkan hasil belajar Agama hindu dan budi oekerti siswa kelas 5 SD N 3 Sidetapa.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9314Penerapan Model Contektual Teacehing Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Kelas III SDN 2 Seraya Barat Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/20232024-01-14T11:36:50+00:00Ni Luh Putrining Sasihnisasih92@guru.sd.belajar.idTingkat kemajuan suatu negara sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan, bahkan pesatnya perkembangan teknologi juga harus didukung oleh pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu diperlukan suatu inovasi yang berkelanjutan dalam bidang pendidikan. Inovasi dalam pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Nasional, salah satunya dengan menerapkan model-model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Agama Hindu Siswa kelas III SDN 2 Seraya Barat semester 1 tahun pelajaran 2023/2023 dengan penerapan model <em>Contektual Teacehing Learning.</em> Metode pengumpulan datanya berupa tes hasil belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yang diperoleh pada pra siklus baru mencapai nilai rata-rata 69,04, pada Siklus I meningkat menjadi 73,46 dengan ketuntasan belajar 69%, pada Siklus II meningkat menjadi 89,42 dengan ketuntasan belajar 88%, dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dan tindakan dianggap berhasil. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penelitian dengan penerapan model <em>CTL </em>dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu Siswa kelas III SDN 2 Seraya Barat semester 1 tahun pelajaran 2022/2023.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9315Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Kelas V Semester I SDN 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2022/20232024-01-14T11:36:50+00:00I Ketut Supadanaketutsupadana7@gmail.comPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Tianyar Barat pada pelajaran Pendidikan Agama Hindu, karena beberapa faktor, antara lain: pembelajaran yang didominasi oleh ceramah dan belum memotivasi siswa untuk belajar secara aktif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Tianyar Barat yang berjumlah 19 orang siswa yang terdiri atas 9 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes hasil belajar selanjutnya dianalisis secara statistik dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>make a match</em> dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Keaktifan belajar siswa pada Siklus I adalah 22,33 (tergolong aktif); sedangkan keaktifan belajar siswa pada Siklus II adalah 23,28 (tergolong aktif). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>make a match</em> dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil belajar pada siswa Siklus I adalah 67,11, sedangkan hasil belajar siswa pada Siklus II adalah 78,16. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penelitian ini berhasil dan telah mencapai batas minimum ketuntasan klasikal.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9316Penerapan Metode Kooperatif Melalui Keterampilan Mengemukakan Pendapat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Gegelang Smester I Tahun Pelajaran 2022/20232024-01-14T11:36:50+00:00Ni Made Tutik Sumartinitutiksumartini4@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan agama hindu melalui penerapan metode kooperatif dengan keterampilan mengemukakan pendapat. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Semester I SD Negeri 3 Gegelang Tahun Pelajaran 2022/2023, data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis <em>Deskriptif</em>. Hasil analisis data aktivitas dan hasil belajar pendidikan agama hindu mengalami peningkatan aktivitas belajar di siklus I sebesar 23,1%, dari 53,8% pada observasi awal menjadi 77% pada siklus I, dan terjadi peningkatan di siklus II sebesar 11,5%, dari 77% pada siklus I menjadi 88,5% pada siklus II. Jadi rata-rata aktivitas belajar siklus I dan siklus II sebesar 82,8%. Untuk hasil belajar terjadi peningkatan di siklus I sebesar 19,2%, dari 46,2% pada observasi awal menjadi 65,4% pada siklus I, dan terjadi peningkatan di siklus II sebesar 26,9%, dari 65,4% pada siklus I menjadi 92,3% pada siklus II. Jadi rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II sebesar 78,9%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar pendidikan agama hindu mengalami peningkatan dengan penerapan metode kooperatif melalui keterampilan mengemukakan pendapat secara signifikan.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9393Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu pada Siswa Kelas I Semester 2 di Sekolah Dasar Negeri 4 Selat Tahun Pelajaran 2022/20232024-01-14T11:36:50+00:00Tuti Suryatini Mahayatimahayatitutisuryatini@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Agama Hindu pada siswa kelas I semester II SD Negeri 4 Selat tahun pelajaran 2022/2023 setelah penggunaan media gambar berurutan ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I semester II SD Negeri 4 Selat tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 12 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa ditiap siklus. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu pada siswa kelas I semester II tahun pelajaran 2022/2023 SD Negeri 4 Selat. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,50 dan persentase hasil belajar sebesar 62,50% termasuk kedalam kategori cukup. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa yaitu 80,00 dan persentase hasil belajar siswa sebesar 80,00% termasuk kedalam kategori sangat baik. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 50,00% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 41,67% menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakn bahwa Penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu siswa kelas I semester II SD Negeri 4 Selat.Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/9510Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siawa pada Mata Pelajaran Agama Hindu di Kelas VII SMP Negeri 2 Wita Ponda Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/20242024-01-14T11:36:50+00:00Ni Putu Budiartiniputubudiarti678@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu di kelas VII SMP Negeri 2 Wita Ponda semester 1 tahun pelajaran 2023/2024. Model PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah, dengan tujuan untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wita Ponda semester 1 tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 20 siswa dengan pembagian 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar ditiap siklus. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu. Pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar sebesar 60,50% termasuk kedalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa yaitu 87,00 dengan persentase hasil belajar siswa masuk dalam kategori sangat baik. Ketuntasan belajar pada siklus I dan mengalami peningkatan yang signifikan sehingga temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan Model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu di kelas VII SMP Negeri 2 Wita Ponda. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa dan mendorong minat belajar mereka terhadap mata pelajaran Agama Hindu.</p>Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/10539Bullying di Lingkungan Pendidikan: Analisis Filsafat Pendidikan Dari Multiperspektif2024-01-14T11:36:50+00:00Sri Yuliyantiyuliyantisrie@gmail.comEliska Juliangkaryyuliyantisrie@gmail.com<p>Penelitian ini akan menggunakan pendekatan filosofis untuk menyelidiki dan mengatasi permasalahan bullying di lingkungan pendidikan. Melakukan tinjauan pustaka mengenai teori-teori filsafat pendidikan yang relevan dengan fenomena bullying. Artikel ini membahas peran penting pendekatan multiperspektif dalam filsafat pendidikan untuk mengatasi masalah bullying di lingkungan sekolah. Melibatkan pemahaman mendalam terhadap dasar-dasar etika dan keadilan dalam pendidikan, pendekatan ini mengintegrasikan berbagai sudut pandang untuk merinci konsep-konsep moral yang mendasari prinsip-prinsip kesetaraan dan hak asasi manusia. Penjelasan lebih lanjut diberikan mengenai bagaimana pendekatan multiperspektif memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap fenomena bullying, mencakup aspek-aspek psikologis, sosial, budaya, dan politis. Selanjutnya, artikel menyoroti pengembangan strategi penghindaran dan penanganan bullying dengan melibatkan semua pihak terkait, termasuk guru, staf sekolah, siswa, dan orang tua. Ini termasuk pelatihan, komunikasi terbuka, dan pembuatan kebijakan anti-bullying yang efektif. Pendekatan multiperspektif juga diyakini dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan adil. Dengan menciptakan budaya sekolah yang mendukung penghormatan terhadap perbedaan dan menghargai keragaman, artikel ini menekankan pentingnya menegakkan norma-norma etika dan keadilan. Terakhir, artikel menyimpulkan bahwa dengan mengatasi masalah bullying, pendekatan multiperspektif membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan sesungguhnya. Pendidikan bukan hanya tentang mentransfer pengetahuan, melainkan juga membentuk individu yang bertanggung jawab, peduli, dan menghormati hak orang lain.</p>Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/10193Kajian Stabilitas Emosi Antara Siswa yang Terisolir dengan Siswa yang tidak Terisolir di SMP Negeri 3 Montong Gading2024-01-14T11:36:50+00:00M. Zainuddinmzainuddin@undikma.ac.idHilwa HidayanaHilwa.ahmada@gmail.comI Wayan Karmanaiwayankarmana@undikma.ac.idNofisulastri Nofisulastrinofisulastri@undikma.ac.id<p>Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kajian stabilitas emosi antara siswa yang terisolir dengan siswa yang tidak terisolir di SMP Negeri 3 Montong Gading Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penetuan subyek penelitian menggunakan teknik Proportional purposive Random Sampling. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIIA, B, C, D dan VIIIA, B, C, D yang berjumlah 266 siswa, dengan sampel yang digunakan adalah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-Test dengan taraf signifikasi 5% menunjukkan t dalam penelitian lebih besar dari ttabel atau 3,84>2,064 maka perbedaan ini adalah signifikan, berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif diterima (Ha) yang berbunyi: Terdapat perbedaan stabilitas emosi antara siswa yang terisolir dengan siswa yang tidak terisolir di SMP Negeri 3 Montong Gading Tahun Pelajaran 2022/2023.</p>2023-09-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/10745Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terintegrasi Word Square Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa2024-01-30T07:50:12+00:00Nuri Jelni Arimawatimuhammadikhsan@undikma.ac.idMuhammad Iksanmuhammadikhsan@undikma.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Paikem Gembrot dengan <em>Word Square</em> terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs NW Labuhan Lombok Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh melalui <em>pre-tes</em> dan <em>post-tes</em> yang nantinya akan dilakukan uji t yang berbantuan program SPSS 20 dan pendekatan kualitatif untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui angket motivasi siswa yang dianalisis dengan persentase motivasi belajar siswa baik kelas yang menggunakan model pembelajaran Paikem Gembrot dengan <em>Word Square</em> maupun pada kelas yang menggunakan metode ceramah (<em>konvensional</em>). Hasil penelitian menunjukkan persentase motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Paikem Gembrot dengan <em>Word Square</em> mencapai 81,13% dengan kategori sangat tinggi dan pada kelas yang menggunakan metode ceramah (<em>konvensional</em>) mencapai 78,83% dengan kategori tinggi. Hasil analisis uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 20 diperoleh t<sub>hitung</sub> sebesar 2,310 dan dikonsultasikan dengan t<sub>tabel</sub> pada taraf signifikan 5% dan dk = 60 sebesar 2,000. Maka dengan demikian t<sub>hitung</sub>> t<sub>tabel</sub> (2,310 > 2,000) dengan kata lain hipotesis dapat diterima. Sehingga kesimpulannya bahwa penggunaan model pembelajaran Paikem Gembrot dengan <em>Word Square</em> dapat memberikan motivasi belajar siswa dengan baik dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII MTs NW Labuhan Lombok Tahun Pelajaran 2017/2018.</p>Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah IKIP Mataramhttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/10934Penerapkan Pembelajaran Model Problem Based Learning pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII F SMPN 14 Mataram Tahun Pelajaran 2021/20222024-02-24T03:29:53+00:00Baiq Devi Arisanthydeviarisanthy@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan <em>Problem Based Learning</em> dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada kelas VIII F SMP Negeri 14 Mataram tahun pelajaran 2021/2022 pada materi Statistika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Masing-masing siklus dilakukan dalam tiga pertemuan dengan proses yang terdiri dari perencanaa, aplikasi, observasi, evaluasi dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 85% siswa pada kelas VIII.F memperoleh hasil belajar di atas 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal siswa. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 71,43% dan 88,57%. Hasil yang diperoleh sudah mencapai indikator keberhasilan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal.</p>Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah IKIP Mataram