Analisis Tingkat Kecemasan Matematika pada Siswa SMA Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar

Mia Septiana, Sanapiah Sanapiah, Eliska Juliangkary

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi adanya variasi dalam tingkat kecemasan matematika pada subjek yang sedang diteliti di SMA Negeri 7 Mataram Tahun 2022/2023, serta menjelaskan hubungan antara tingkat motivasi belajar dan tingkat kecemasan matematika, serta hubungan antara tingkat hasil belajar dan tingkat kecemasan matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan temuan-temuan masalah pada subjek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap kelas menunjukkan hasil analisis yang berbeda. Pada kelas XI IPS I terdapat hubungan positif antara tingkat motivasi belajar dan tingkat kecemasan matematika.Kategori tingkat motivasi belajar dan tingkat kecemasan matematika pada kelas XI IPS I berada dalam kategori sedang dengan proporsi sebesar 38%. Pada kelas XI IPS II, secara umum terlihat bahwa tingkat motivasi belajar berada dalam kategori sedang, sementara tingkat kecemasan matematika tinggi dengan proporsi sebesar 43%. Namun, pada kelas XI IPS VI, ditemukan hasil yang berbeda pada tingkat motivasi belajar yang tinggi dan tingkat kecemasan matematika dengan proporsi sebesar 42%. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diartikan bahwa tingkat motivasi belajar dan tingkat kecemasan psikologi tidak selalu saling mempengaruhi satu sama lain.

Full Text:

PDF

References


Din Harefa Ahmad, Lase Sadiana, Zega Yulisman (2023). Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Educativo: Jurnal Pendidikan, Vol.2 Prodi Pendidikan Matematika, FKIP,Universitas Nias,Indonesia.

Dina Alifa Shafira , Ambarwati Lukita , Meiliasari. 2022. Literature Review: Faktor Kecemasan Matematika Siswa dan Upaya Mengatasinya. J-PiMat

Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2018). Hubungan Antara Kecemasan Matematika Dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 556. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.799

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JMPM: 11 EDUMATIC: Jurnal pendidikan MatematikaVolume 3, Nomor 1. Januari 2022, Pp 1-12 Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508

Emzir, 2013. Metode Penelitian : Kualitatif & Kuantitatif (korelasional,eksperimen, expost Lacto, Etnografi, grounded Theory, Actions reaserhc).PT. RAJARAFINDO PERSADA.

Erik. 2021. Kecemasan Matematis: What and How?. Indonesian Journal Of Education And Humanity. Volume 1 No 1 Februari 2021, E-ISSN: 2774-8332

Fatrima. 2017. Ada apa dengan kecemasan matematika, Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang.

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Julya Dina , Dewi Nur Iyan Rosita. 2022. Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics.

Kurniawati Eka.(2017).Deskripsi Motivasi dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMP-Bunayya Pekan Baru.Universitas Islam Riau

Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51

Nurhidayat Anugrah, Djidu Hasan (2022). Kecemasan Matematis: Karakteristik, Dampak, Dan Solusi Mengatasinya. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3 nomor 1.

Pada, M., Calon, M., Sd, G., & Purwokerto, I. (2016). Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. 5(2), 120–127.

Prasetyo Freddy. (2023). Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4, Nomor 2

Rizki Nurhana Friantini , Rahmat Winata. 2019. Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Santri Syafri

Setiyadi, Ag Bambang. (2010). Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Sugiono, 2013. Metode Penelitian : Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. ALFABETA.Bandung

Supriatna, A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 730-735. Karawang: Universitas Singaperbangsa.

Sabirin Muhammad. (2014) presentasi dalam pembelajaran matematika. JPM IAIN Antasari. Vol.01 No.2

Yusuf A Muri. 2014. Metode Penelitian : Kualitatif, Kuantitatif dan penelitian gabunan. PRENADAMEDIA GROUP. Jakarta Santoso


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Education and Information Technology
Publishh by Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi
Jl. Pemuda No.59 A Mataram | www.e-journal.undikma.ac.id/index.php/jedit

Phone: +6285 738 390 568 | E-mail: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Education and Information Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License