IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMAN 10 MATARAM

Selli Fahirah, Gargazi Gargazi, Jarir Jarir

Abstract


Hasil belajar dan motivasi siswa di kelas X SMAN 10 Mataram terlihat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa di kelas X SMAN 10 Mataram setelah dibelajarkan dengan menggunakan book creator. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari 2  kali pertemuan. Data hasil belajar diperoleh dari hasil tes dan data motivasi diperoleh dari hasil pengisian angket. Indikator keberhasilan penelitian ini terlihat pada peningkatan motivasi siswa di siklus II, sedangkan hasil belajar dikatakan mengalami peningkatan secara klasikal apabila siswa dapat memperoleh skor minimal 75 dari ketuntasan klasikal 85%. Dari jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti tes evaluasi, hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi pada siklus II berada pada nilai rata-rata 90,8 dengan kategori sangat tinggi dan hasil evaluasi diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 dan siklus II masing-masing 26% dan 95%. Dengan melihat hasil belajar yang diperoleh dari tiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran book creator dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada mata pelajaran TIK di kelas X SMAN 10 Mataram.


Full Text:

PDF

References


Yuliana Umi Rahayu. 2022. Penerapan Media Book Creator Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Majenang Cilacap. Skripsi. Jawa Tengah.

Handayani, Meri. 2020. Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Kota Jambi, Skripsi. Jambi.

Teni Nurrita, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Miskat, Vol. 03, No. 01, hlmn.176.

Ma`sum ahmad. 2014. Implementasi Pendekekatan Contextual Teaching And

Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Islam Al-Anshori Monje. Skripsi. Mataram.

Daffa Adinata, 2023. Implementasi Game Based Learning Berbasis Quizz

Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMAN 1 Gunungsari. Skripsi. Mataram.

Suharni. (2011:106). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Rizki, Eko, dkk. 2020. Peningkatan Gerak Dasar Guling Belakang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.16(2) : 204-213.

Margono. (2004). Pengertian Populasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap).

Sugiono. (2017:142). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta PT Rineka Cipta

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Education and Information Technology
Publishh by Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi
Jl. Pemuda No.59 A Mataram | www.e-journal.undikma.ac.id/index.php/jedit

Phone: +6285 738 390 568 | E-mail: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Education and Information Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License