Pelatihan Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus

Ani Endriani, Nuraeni Nuraeni

Abstract


Abstract

The purpose of this community service is to equip PAUD teachers in dealing with children with special needs. The target of this training is to provide 40 PAUD teachers from various PAUD institutions in DKI Jakarta province, students with special needs who really need special attention and treatment. Learning and treatment for classes with children with special needs are different from ordinary classes, so it requires teachers who are able to master classes, students, learning and special handlers. The hope of this activity is that with the knowledge they have about children with special needs, it is hoped that PAUD teachers will be able to provide maximum services according to the specificities of children to achieve optimal development.

Abstrak

Tujuan pengabdian ini untuk membekali guru PAUD dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Sasaran pelatihan ini diberikan pada guru-guru PAUD dari berbagai lembaga PAUD di propinsi DKI Jakarta sebanyak 40 guru, dengan siswa berkebutuhan khusus yang sangat memerlukan perhatian dan perlakukan yang khusus. Pembelajaran dan perlakuan bagi kelas yang memiliki anak berkebutuhan khusus berbeda dengan kelas biasa sehingga memerlukan guru yang mampu untuk menguasai kelas, siswa, pembelajaran serta penangan yang bersifat khusus. Harapan dari kegiatan ini  yaitu dengan pengetahuan yang dimiliki tentang anak berkebutuhn khusus  diharapkan guru PAUD mampu melakukan pelayanan yang maksimal disesuaikan dengan kekhususan anak untuk mencapai perkembangan yang optimal.


Keywords


Pelayanan anak; Kebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Amtmodiwirio, S. 2018. Manajemen Pelatihan. Artadizya Jaya.

Elisa, dkk. 2022. Jurnal Basicedu. Jenis-Jenis Pelatihan Peningkatan Profesional Guru PAUD di Indonesia.https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Iswari, M. (2007). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.

Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan Inklusi dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Susnanto, J. (2009). Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Bandung: Pusat Kajian dan Inovasi Pendidikan. Sekolah Pasca Sarjana UPI.

Usman, M. Uzer, 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Winarsih, D. (2013). Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat )). Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Republik Indonesia.

Sukadari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an. Pelayanan Anak Berkebutuhan Kusus (ABK) melalui pendidikan Inklusi. https://pgsd.binus.ac.id/2015/10/05/layanan-anak-berkebutuhan-khusus-dari-pendidikan-eksklusi-ke-inklusi.




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v2i1.8517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.