Pengabdian Kepada Masyarakat; Pelayanan Bimbingan Pendidikan Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Sekaroh Lombok Timur

Zinnurain Zinnurain, Jessica Festy Maharani, M Najamuddin

Abstract


Abstract

The purpose of the program is as an effort to provide services to parents and early childhood in Sekaroh village in order to get the opportunity to learn briefly about family education and early childhood education through community service activities; Family Education and Early Childhood Education Guidance Services in Sekaroh Village, East Lombok. The method used in community service activities (PKM) is the lecturing and drill method. The activity was carried out in Sekaroh Village, Jerowaru District, East Lombok Regency. This activity is carried out during the second semester period of the 2022/2023 academic year. This activity lasted for 1 month from 8 May to 5 June 2023. The collecting data instrument used was an interview questionnaire with interview subjects namely parents and children. The results of the activity show that in stage 1 the evaluation results showed an increase in understanding based on the results of a questionnaire filled in as much as 45% of parents and children understood the material presented and succeeded in completing the activities given by the team but with the "Low" category. In stage 2 the evaluation results showed an increase in understanding based on the results of a questionnaire filled in by showing presentations of 67% of parents and children understanding the material presented and successfully completing the activities given by the team in the "Medium" category. In stage-3 the evaluation results show an increase in understanding. Based on the results of the completed questionnaire, with a percentage of 88%, parents and children understood the material presented and successfully completed the activities given by the team in the "High" category. It can be concluded that Family Education and Early Childhood Education Guidance Services in Sekaroh Village, East Lombok" can be categorized as "successful".

 

Abstrak

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan pelayanan kepada orang tuan dan anak-anak usia dini desa Sekaroh agar memperoleh kesempatan belajar tentang pendidikan keluarga dan pendidikan anak usia dini secara singkat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat; Pelayanan Bimbingan Pendidikan Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Sekaroh Lombok Timur. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah metode ceremah dan drill. Kegiatan dilaksanakan di desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada periode pelaksanaan semester genap tahun ajaran 2022/2023. Kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan mulai dari 8 Mei sampai dengan 5 Juni 2023. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni angket wawancara dengan subjek wawancara yakni orang tua dan anak. Hasil kegiatan menunjukkan pada tahap-1 hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman berdasarkan hasil angket yang diisi sebanyak 45 % orang tua dan anak paham terhadap materi yang disampaikan dan berhasil menyelesaikan kegiatan yang diberikan oleh tim namun dengan kategori “Rendah”. Pada tahap-2 hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman berdasarkan hasil angket yang diisi dengan menunjukkan presentasi sebanyak 67 % orang tua dan anak paham terhadap materi yang disampaikan dan berhasil menyelesaikan kegiatan yang diberikan oleh tim dengan kategori “Sedang”. Pada tahap-3 hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman. Berdasarkan hasil angket yang diisi, dengan presentase sebanyak 88%, orang tua dan anak paham terhadap materi yang disampaikan dan berhasil menyelesaikan kegiatan yang diberikan oleh tim dengan kategori “Tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa Pelayanan Bimbingan Pendidikan Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Sekaroh Lombok Timur” dapat dikategorikan “Berhasil”.


Keywords


Pelayanan Bimbingan, Pendidikan Keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Adi, L. (2022). Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1-9.

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-12.

Arliman, L., Arif, E., & SARMIATI, S. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 143-149.

Dini, J. P. A. U. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291-3299.

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16-23.

Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43-53.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Purwasih, W. (2021). Peran keluarga dalam pendidikan karakter era new normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 281-289.

Puspytasari, H. H. (2022). Peran keluarga dalam pendidikan karakter bagi anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1-10.

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143-158.

Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95-105.

Wahdani, F., & Burhanuddin, H. (2020). Pendidikan Keluarga di Era Merdeka Belajar. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2(1), 1-10.




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v2i1.8490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.