PELATIHAN MELAKUKAN EVALUASI DENGAN PEMANFAATAN GOOGLE FORM

Rindawan Rindawan, Fadli Zainuddin, P. Muhammad Yusuf, Arif Yanuar Musrifin, Andi Anshari Bausad

Abstract


ABSTRAK

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah sejak pertengahan Mei 2020. Dengan adanya kebijakan ini membuat seluruh guru melakukan pembelajaran jarak jauh. Karena kebijakan ini muncullah permasalahan yang diakibatkan tidak semua guru mahir menggunakan teknologi internet untuk penunjang kegiatan pembelajaran online dan perlu pendampingan dan pelatihan terlebih dahulu. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk memperkenalkan google form dikalangan guru-guru sekolah dasar di pedesaan seperti di SDN 3 Ungga ini. Tujuan khusus kegiatan ini yaitu pelaksanaan evaluasi siswa dimasa pandemi ini lebih praktis. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan menggunakan media online. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi, dan pelatihan. Sosialisasi lakukan dengan tujuan memperkenalkan apa itu google form, bagaimana kelebihan google form dan bagaimana pemanfaatannya. Hasil kegiatan dirasakan bermanfaat bagi guru-guru serta keberhasilan kegiatan abdimas ini dalam kategori berhasil.

Kata Kunci: Abdimas, Google Form, SDN 3 Ungga

 

ABSTRACT


The Indonesian government through the Ministry of Education and Culture has implemented a policy of learning and working from home since mid-May 2020. With this policy, all teachers undertake distance learning. Because of the policy, problems arose caused not all teachers were proficient in using internet technology to support online learning activities and needed assistance and training first. This Abdimas activity aims to introduce google form among elementary school teachers in rural areas such as SDN 3 Ungga. The specific purpose of this activity is that the implementation of student evaluations during this pandemic is more practical. The method of implementing this activity is carried out using online media. This activity begins with socialization and training. Socialization is done with the aim of introducing what is google form, how the advantages of google form and how to use it. The results of the activity are considered to be of benefits for teachers as well as the success of this community service activity in the category of success.

Keyword: Community Service, Google Form, SDN 3 Ungga


Keywords


Community Service, Google Form, SDN 3 Ungga

Full Text:

PDF

References


Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari, E. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Amalia, T. (2019). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 318- 323.

Batubara, HH (2016). Penggunaan google form sebagai alat ukur kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam , 8 (1).

Bensulong, A., Afifah, FN, & Solikhah, IZ (2021). Penggunaan Whatsapp

dan Google Form dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK N 2

Sewon Bantul. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 10 (1), 85-90.

Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif

Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. URECOL, 183-188.

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi

Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 14(1).

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Alpansuri, M.S. (2018). Pemanfaatan Google

Formulir Sebagai Sistem Pendaftaran Anggota Pada Website Aptisi.

or. id. SISFOTENIKA, 8(2), 128-139.

Ritonga, M., Lahmi, A., Rimelfi, R., Bahri, F., & Bagindo, I. T. (2020). Sosialisasi Pembuatan Soal Melalui Google Form Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 347-354.

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas penggunaan media penilaian google form terhadap hasil belajar pelajaran tik. In Prosiding seminar nasional PEP: kebijakan dan pengembangan pendidikan di era revolusi industri (Vol. 4, p. 287).

Sari, N. L. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis

Google Form Sebagai Media Pembela. KOMMAS: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 1(2).

Suhandiah, S. (2019). Pelaksanaan Pelatihan Google Form Bagi Guru

Bimbingan dan Konseling SMA Kabupaten Sidoarjo. SNHRP, 166-




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v2i1.8399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.