WORKSHOP OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA
Abstract
This Community Service aims to optimize the school environment as a source of learning. PKM activities were carried out offline and attended by 52 teachers of SMAN 1 Gerung and 10 PLP students. Workshop participants identify and map the potential of the school environment as a learning resource according to Basic Competencies (KD), arrange the potential of the school environment according to KD and relevant subjects. Teachers are expected to take the initiative to pay more attention to the school environment as a learning resource and learn more about the resources available.
Abstrak
Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Kegiatan PKM dilakukan secara luring/offline dan diikuti oleh guru SMAN 1 Gerung yang berjumlah 52 orang dan 10 orang mahasiswa PLP. Peserta workshop melakukan identifikasi dan pemetaan potensi lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sesuai Kompetensi Dasar (KD), melakukan penataan potensi lingkungan sekolah sesuai KD dan mata pelajaran yang relevan. guru diharapkan dapat mengambil inisiatif untuk lebih memperhatikan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dan mempelajari lebih lanjut tentang sumber daya yang tersedia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, D., & Prasetyo, T. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Azmy, et.al. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.4 (1), 165-170. DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3856.
Kuswandi, D., & Saputra, D.A. (2018). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Memannfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Pelatihan dan Supervisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan.
Nahak, Donatus. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru Di SMA Negeri Bateti Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Innovation Research and Knowledge Vol 2. (1), 4403-4422.
Yulianto, Y. (2018). Pembelajaran Berbasis Lingkungan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v2i1.7912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Jurnal Dedikasi Madani
E-ISSN: 2964-1519
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.