Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru di SDN 16 Mataram

Sri Erny Muliyani, Fadli Zainuddin, Muhsan Muhsan, Muhamad Ikhsan

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini agar dapat memberikan pemahaman terkait pembuatan media pembelajaran bagi guru SDN 16 Mataram. Dengan adanya media pembelajaran dapat membantu guru menjalankan perannya lebih baik. Peserta pelatihan adalah semua guru yang aktif mengajar pada SDN 16 Mataram sebanyak 15 orang. Metode yang digunakan pada pengabdian ini berupa ceramah dan praktek materi serta pendampingan guru dalam pembuatan media pembelajaran melalui diskusi kelompok. Hasil dari kegiatan pengabdian tersebut, terciptanya berbagai media pembelajaran yang akan digunakan di sekolah dasar. Berdasarkan angket yang tersebar di guru SDN 16 Mataram ini didapatkan hasil sebagai  berikut: 90% guru sudah memahami materi pelatihan, 80% merasakan kepuasan dari pembimbing dan 80% cukup puas. Namun ada kendala pada saat pembimbingan yaitu waktu yang masih dirasakan kurang sehingga hasil yang didapatkan kurang maksimal dan tidakk memenuhi target.


Keywords


Pelatihan; Media; Pembelajaran;

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar., 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kemendikbud Ristek., 2022. Data Pokok Pendidikan, Diunduh tanggal 21 November 2022 https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/C570ABCEEBA815161716 .

Musfiqon, 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Pretasi Pustakarya

Pribadi, Benny a., 2007. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Satrinawati, 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v1i2.7138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.