Pelatihan Digital Marketing Dan Pemberdayaan Usaha Kepada UMKM dan Calon Wirausaha Muda NTB

Ahmad Muslim, M. Rasyid Ridlo, Lukmanul Hakim

Abstract


Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki tempat yang sangat penting dalam menggerakkan ekonomi daerah. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan UMKM dalam calon wirausaha muda NTB dalam menjalankan usahanya, baik pada aspek pemasaran melalui digital marketing, pemberdayaan dan penguatan modal usaha serta pembinaan kepada calon wirausaha muda. Sehingga dengan adanya pengabdian ini dapat meningkatkan hasil penjualan sekaligus daya saing usaha serta menjaga keberlangsungan usaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah identifikasi persoalan, pelatihan dan pemberdayaa (pembinaan) yang berkesinambungan. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya fasilitas layanan pengurusan NIB, penguatan keterampialan marketing, terbentuknya jaringan dan kemitraan usaha serta pembinaan dari pemerintah provinsi NTB.

Keywords


Digital Marketing; Pemberdayaan; UMKM; Wirausaha Muda

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap perlambatan ekonomi sektor UMKM. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(6), 19–24.

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran UMKM Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 33.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v1i2.7112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.