Strategi Guru Dalam Membina Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Kartu Media Bergambar Pada PAUD Kelas B

Khairul Huda, Ahmad Zainul Irfan, Baiq Sarlita Kartiani

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih guru dalam menerapkan Strategi Guru dalam Membina Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah melalui Kartu Media Bergambar Pada PAUD Kelas B. Hal ini didasarkan atas masih kurangnya pengalaman dan keterampilan guru dalam mengemabangkan strategi pendekatan kontekstual. Target khusus yang dicapai dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan penguatan serta meningkatkan kecakapan guru dalam menggunakan strategi pendekatan pembelajaran kontekstual dalam membina kemampuan dasar mengenal huruf hijaiyyah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan yang bersifat partisipatif. semua guru yang ada di lembaga tersebut menjadi peserta pelatihan dalam pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penguatan dan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pendekatan media kartu bergambar. Setelah penguatan konseptual, Guru melakukan pendampingan intensif dalam praktik evaluasi dengan berdasar pada mekanisme evaluasi program yang terstandar mulai dari pemilihan program yang akan dievaluasi, formulasi tujuan, penentuan model evaluasi yang digunakan, pengembangan instrumen, pengumpula data, dan analisis data dari hasil evaluasi program. Untuk menjaga keberlanjutan hasil dari kegiatan ini, pendampingan terus dilakukan antara guru dengan Tim Pelaksan pengabdian sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat tercapai secara optimal

Full Text:

PDF

References


Al Qattan, Manna Khalil. 2001. Studi Ilmu-Ilmu Qur'an, terjemah Mudzakir AS. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

Al-Hafizhah. Ummi Rif'ah Ishaq. 2009. Pedoman Tilawah Al-Qur'an Ilmu Tajwid. Jakarta: Syukur Press, 2009.

Boediono, ed., 2003. Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Agama RI. 2007. Al- Qur'anulkarim Terjemahan Perkata. Bandung: Syaamil Al- Qur'an

Fitria & Arif, Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di TK Hiama Kids

Tim Penyusun. (2021). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyaraka Internal Universitas Pendidikan Mandalika




DOI: https://doi.org/10.33394/jdm.v1i2.7032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

Jurnal Dedikasi Madani

E-ISSN: 2964-1519

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.